ide-bisnis-dari-olahan-ikan-lele

7 Ide Bisnis dari Olahan Ikan Lele

Bisnis Lele yang Menjanjikan dan Bikin Ngiler Untungnya!

Ada banyak pelaku bisnis lele yang sudah menjadi jutawan bahkan milyader. Kita bisa searching berapa banyak orang yang sudah sukses dalam menggawangi kariernya sebagai pembudidaya ikan lele. Contohnya saja, Agus Si Pemuda Desa dari Banyuwangi yang sukses beternak lele dengan keuntungan jutaan rupiah.

Awalnya ia mengantongi modal awal untuk diterapkan pada 28 petak kolam lele sebanyak Rp 50 juta. Setelah dijalani, ternyata per 4 petaknya Agus mendapatkan keuntungan sebanyak Rp 12 juta. Hal ini cukup menggembirakan Agus hingga kini ia dikenal sebagai peternak lele yang sukses.

Kita butuh Agus-agus muda lainnya untuk melakukan hal yang sama demi perputaran roda ekonomi. Roda ekonomi bisa terus berputar apabila kita fokus dalam menjalani usaha ternak lele dengan baik. Anda bisa menjadi jutawan seperti Agus sehingga bisa memiliki penghasilan tetap yang lumayan banyak.

sukses-ternak-lele
Sukse Beternak Ikan Lele

Bisnis lele tidak bisa dipungkiri ialah kekonsistenan yang perlu kita lakukan. Anda bisa berbisnis lele dengan kondisi yang paling sederhana juga. Misalnya dengan menggunakan modal kecil untuk membeli kolam terpal berukuran sedang dan dikerjakan di area pekarangan rumah.

Anda juga bisa lebih berbahagia lagi apabila sudah memiliki keinginan yang kuat untuk menambah kolam terpal lagi misalnya. Tentu hasilnya akan bisa dirasakan per bulan. Panen lele bisa dibilang per dua bulan sekali, tapi jika Anda mau menambah budidaya ikan lele lagi setelah berjalan 1 bulan, maka Anda bisa mendapatkan hasil panen per bulannya. Anda bisa melakukan ini seterusnya.

Anda bisa memulai usaha ternak lele untuk menjadi pembudidaya yang masih pemula menggunakan kolam terpal yang siap pakai. Banyak pengusaha lele yang sudah professional dan menggunakan kolam terpal. Keuntungan yang kamu dapat bisa lebih banyak daripada menggunakan kolam beton yang membutuhkan banyak biaya. Lele bisa dijadikan sebagai usaha rumahan atau pun professional.

olahan-ikan-lele
Es Cendol dari Olahan Ikan Lele

7 Bisnis Olahan Lele yang Bisa Membuat Hari-harimu Terjamin

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalani hidup sebagai pembudidaya ikan lele. Selain ikan lele bisa dijual mentah ke kilang ikan, pemilik restoran atau warung makan, atau pun para pengecer lele di pasar ikan. Anda juga bisa menjual secara pribadi atau agen untuk makanan olahan dari ikan lele.

Ada 7 ide bisnis olahan ikan lele yang bisa membuat Anda memiliki penghasilan tambahan yaitu sebagai berikut:

1. Ikan Asap Lele

olahan-ikan-lele-asap
Ikan Lele Asap

Biasanya ikan asap yang terkenal di daerah Jawa Tengah yaitu mangut atau ikan pari yang sudah diasapi agar lebih awet dan dijadikan aneka makanan yang enak. Baik itu sambal maupun sayur. Ikan lele juga bisa dijadikan ikan asap yang memiliki aroma khas.

Ikan lele yang sudah diasap memiliki nilai jual lebih mahal daripada ikan lele segar biasa. Ikan lele yang sudah diasap juga rasanya nikmat jika digunakan sebagai sambal atau pun disayur dengan santan.

2. Nugget Ikan Lele

nugget-ikan-lele
Nugget dari Olahan Ikan lele

Nugget merupakan makanan yang biasanya menggunakan daging ayam atau sapi. Tapi nugget juga merupakan makanan simpel yang bahan bakunya bisa dibuat dari apapun. Banyak kini yang menjual nugget isi pisang, buah, sayur, dan lain sebagainya. Anda bisa menjual olahan ikan lele yang disulap menjadi nugget.

Nugget ikan lele rasanya juga sangat lezat. Tambahan bahan lainnya juga murah dan mudah dicari. Nugget lele tentunya bisa lebih awet jika disimpan di dalam freezer. Anda pun bisa menyimpan nugget lele di dalam freezer. Rasanya pun tentunya lebih enak dan nikmat jika digoreng dan dicocol dengan saus.

3. Bakso Ikan Lele

bakso-ikan-lele
Bakso Ikan Lele

Bakso biasanya memang dibuat dari bahan dasar daging sapi dan daging ayam. Tapi kini juga ada bakso yang terbuat dari ikan lele. Ikan lele bisa dibuat sebagai bagan bakso yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang nikmat.

Bakso ikan lele tetap bisa dibuat semirip mungkin dengan bakso yang terbuat dari daging sapi. Rasanya pun tetap enak sehingga banyak orang yang penasaran ingin mencobanya. Bakso ikan lele juga bisa dijadikan aneka makanan seperti bakso kuah, bakso goreng, dan lain sebagainya.

4. Abon Ikan Lele

abon-ikan-lele
Abon Ikan Lele

Abon merupakan makanan favorit banyak orang karena bisa dijadikan campuran makanan yang lainnya. Abon ikan lele juga bisa dijual di pasaran dengan harga yang lebih mahal. Abon ikan lele rasanya lezat dan bisa dicampur dengan menu makanan lain sebagai santapan pagi, siang, atau pun malam.

Abon ikan lele juga bisa dijadikan aneka oleh-oleh kepada para saudara apabila berada di luar rumah. Abon ikan lele memang rasanya nikmat sehingga banyak orang yang sengaja memesannya tanpa harus susah-susah mencarinya, Anda pun bisa membuat dan menjualnya.

5. Selai Ikan Lele

selai-ikan-lele
Selai Ikan Lele

Banyak orang bilang kalau selai harus identik dengan rasa manis pada buah. Padahal tidak, ikan lele pun bisa dijadikan bahan utama selai. Selai yang terbuat dari ikan lele rasanya nikmat dan sedap. Ikan lele juga bisa dioleskan ke atas roti tawar untuk kemudian dibakar.

Roti bakar yang berisi selai ikan lele pasti rasanya unik dan citarasa nikmatnya kuat. Roti bakar memang salah satu menu yang banyak ditunggu-tunggu saat sarapan. Anda pun bisa menikmati sensasi roti bakar ini dengan kualitas yang sangat baik.

6. Burger Ikan Lele

burger-ikan-lele
Burger Ikan Lele

Burger biasanya terbuat dari daging sapi atau daging ayam. Tapi Anda juga bisa menjual burger dengan daging lele. Burger yang terbuat dari daging ikan lele rasanya tidak jauh berbeda dan tetap saja enak. Patty dari ikan lele bisa dibaluri tepung roti dan digoreng sampai matang.

Kemudian patty tersebut dimasukkan ke dalam burger dicampur engan sayuran dan saus. Tentu akan menjadi burger yang nikmatnya sangat mengena di lidah. Anda pun bisa menjual makanan yang unik ini dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Salad Ikan Lele

salad-ikan-lele
Salad Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu ikan yang mengandung gizi dan protein tinggi sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Bahkan ikan lele merupakan salah satu sumber makanan yang bisa menyuburkan para pria dan wanita.

Salad ikan lele bisa ditambah dengan apel sehingga rasanya nikmat. Salad ikan lele juga rasanya tidak akan kalah lain dengan salad yang lainnya. Anda bisa menjual aneka olahan ikan lele dengan harga yang terjangkau sehingga akan membuat penjualan Anda semakin laris.

cara-memulai-bisnis-ikan-lele
cara-memulai-bisnis-ikan-lele

Cara Memulai Bisnis Lele

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis lele agar hasilnya maksimal dan kualitasnya bagus yaitu sebagai berikut:

1. Persiapkan Modal

Anda bisa mempersiapkan modal awal untuk merancangkan bisnis lele yang berhasil. Modal bisa disesuaikan dengan rencana berapa banyak Anda memiliki kolam pembesaran ikan lele. Anda bisa membeli kolam terpal untuk mempermudah bisnis lele.

Kolam tanah atau beton akan lebih mahal dan lama jika digunakan sebagai bisnis lele. Anda bisa mengusahakan yang terbaik untuk mendapatkan kepuasan dalam beternak lele.

2. Persiapan Kolam

Anda bisa mempersiapkan kolam dengan baik sebelum memulai bisnis lele. Kolam bisa dipermudah dengan membeli kolam terpal yang sudah siap pakai. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan kolam terpal yang siap pakai sehingga kualitasnya sangat bagus. Bahkan Anda bisa membeli beberapa kolam terpal untuk budidaya ikan lele.

3. Pemebenihan

Anda bisa memilih benih yang berkualitas dari peternak yang sudah kredibel dalam pembenihan. Anda bisa memilih benih ikan lele yang ukurannya sama. Ukuran yang sama dapat membuat pembesaran ikan lele menjadi lebih berkualitas. Sebab jika ukurannya tidak sama maka bisa saling mangsa atau lele akan menjadi kanibal. Pembenihan juga benar-benar harus diperhatikan apakah indukannya juga berkualitas dan sehat.

Kekuatan hidup ikan lele akan memperlancar bisnis lele Anda. Sehingga Anda harus memastikan bahwa lele yang akan Anda pelihara memanglah lele yang kuat sebagai usaha budidaya.

4. Pemberian Pakan

Pakan bisa Anda berikan kepada bisnis lele sebanyak 5 hingga 6 kali sehari. Pemberian pakan sebaiknya Anda beri jeda sebanyak 2 hingga 3 jam. Kemudian pastikan Anda membuka kolam saat ada sinar matahari sehingga polusi yang merugikan bisa mati dengan terik matahari.

Saat hujan, jangan berikan pakan kepada ikan lele karena akan membuat kandungan pakan menjadi tercemar oleh zat asam. Zat asam memang dapat mengganggu kesehatan lele. Anda pun perlu menunggu hujan hingga reda untuk memberikan pakan.

5. Cara Panen

Sebaiknya Anda memperhatikan bagaimana cara memanen ikan lele. Cara memanen ikan lele dapat dilakukan dengan cara menggunakan jarring atau wadah. Jarring atau pun wadah yang digunakan untuk memanen ikan lele usahakan jangan yang licin karena bisa melukai lele.

Anda bisa menyurutkan air kemudian mengambil ikan lele dengan jaring ata pun wadah. Masa panen ikan lele ialah 2 hingga 3 bulan saja.

perkiraan-modal-bisnis-ikan-lele
perkiraan-modal-bisnis-ikan-lele

Perkiraan Modal untuk Membuka Bisnis Lele Pemula

Ada beberapa perkiraan yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bisnis lele. Adapun perkiraan modal ialah suatu yang penting bagi keberlangsungan bisnis lele:

1. Pembelian kolam terpal siap pakai = Ro 2.000.000,00

2. Pemberian pakan ikan lele selama 3 bulan = 400 Kg x Rp 9.500/Kg = Rp 3.800.000,00

3. Obat-obatan sebanyak = Rp 200.000,00

4. Total modal awal sekitar Rp 4.500.000,00 untuk satu kolam terpal ukuran standar.

5. Keuntungan ialah = Rp 17.000/Kg x 500 Kg = Rp 8.500.000,00. Keuntungan ini ialah sebanyak dua bulan.

jutawan-dari-bisnis-lele
jutawan-dari-bisnis-lele

Siap Menjadi Jutawan dari Budidaya Lele ?

Anda bisa memulai usaha budidaya lele dari nol dan dari pengetahuan yang awam. Nanti setelah mulai berjalan, maka Anda bisa menemukan formulasi yang tepat dengan sendirinya. Anda bisa mendapatkan hasil yang berlimpah dari keseriusan Anda dalam memulai budidaya lele.

Anda bisa menjadi peternak pemula yang akan sukses dengan penghasilan dari bisnis lele Anda. Anda juga dapat menjadi salah satu peternak yang terbaik dalam memulai usaha bisnis lele. Anda tidak akan kehilangan banyak energi jika sudah memantapkan diri untuk membuka bisnis lele.

Anda bisa menjualnya secara segar atau pun lele olahan yang hasil jualnya bisa lebih meningkat tajam. Anda jangan ragu jika ingin mendapatkan kesuksesan melalui bisnis lele.

Bantu kami menjadi lebih baik lagi ya.. silahkan beri rating: