PENTING! Ini Analisa Usaha Ternak Ikan Nila!

PENTING! Ini Analisa Usaha Budidaya Ikan Nila!

Mudahnya Usaha Budidaya Ikan Nila

Saat ini ikan nila sudah bisa dibudidayakan dengan menggunakan banyak metode, salah satunya dengan memakai kolam terpal. Kolam terpal yang dimaksud berbentuk bulat dan mempunyai banyak kemudahan. Jadi tidak perlu lagi media kolam di tanah yang rentan terhadap penyakit, penjagaan, serta perawatan yang sulit. Kini semua orang bisa membudidayakan ikan nila dengan efisien dan efektif.

ternak ikan nila kolam terpal

Modal dan Analisa Usaha Budidaya Ikan Nila

Modal untung memulai budidaya ini adalah sekitar 20 jutaan. Uang tersebut digunakan untuk membeli kolam terpal, pembuatan kolam, membeli bibit ikan, membeli pakan, melakukan perawatan, hingga biaya operasional lain seperti gaji karyawan.

  • Kolam terpal : 2 juta x 2 = 4 juta.
  • Pembuatan dan perbaikan kolam : 1 juta
  • Bibit ikan : 15.000/kg x 100 = 1,5 juta
  • Pakan ikan : 5.000 x 3000 kg : 15 juta
  • Karyawan : 1 juta x 3 : 3 juta
  • Lain-lain : 1 juta
  • Total keseluruhan : 25,5 juta

Ikan nila biasanya siap panen setelah 6-7 bulan. Dalam proses perawatannya biasanya sekitar 10% ada kemungkinan mengalammi kegagalan panen. Maka untuk amannya bila ingin membeli bibit ikan, lebihkan sedikit untuk berjaga-jaga.

Kelebihan Usaha Budidaya Ikan Nila

Beberapa kelebihan yang didapatkan yaitu:

  1. Jangan takut produk ikan tidak laku karena ikan nila mempunyai daya jual yang tinggi.
  2. Proses budidayanya termasuk mudah dibanding ikan lain yang sejenis, seperti gurame dan lain-lain.
  3. Biaya operasional bisa dijangkau dan bisa disesuaikan dengan budget.
  4. Cara pembudidayaan serta perawatannya relatif mudah dan mampu dikerjakan siapa saja.
  5. Tidak memakan banyak tempat, waktu, dan ar.
  6. Masa penennya lumayan cepat, sekitar 6-7 bulan saja.
  7. Resiko kegagalan panen tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10%.
  8. Untuk menekan biaya, bisa dilakuka sendiri tanpa bantuan karyawan.

PENTING! Ini Analisa Usaha Ternak Ikan Nila! 2

Cerita Sukses Pembudidaya Ikan Nila

Budidaya ikan nila ini sudah terbukti sukses dilakukan. Ada beberapa contoh nyata yang berhasil menjadi pengusaha berhasil dari budidaya nila.

  • Ia awalnya memiliki banyak kolam ikan yang lama tidak dirawat. Sebenarnya ia tak terpikirkan untuk budidaya ikan nila. Namun karena kepepet untuk menghidupi keluarganya, akhirnya ia disarankan untuk usaha ikan nila ini. Modal yang ia gunakan bisa mencapai puluhan juta saat itu. Mulai dari membeli bibit ikan sebanyak 6000 ekor, juga pakan nila senilai jutaan rupiah. Akhirnya sampai sekarang ia bisa mengantongi uang senilai puluhan juta rupiah per bulan. Bayangkan saja masa panen ikan 6-7 bulan, jadi sudah bisa menghasilkan ratusan juta sekali panen.
  • Menurut warga Jawa Barat ini, berbudidaya ikan nila memiliki prospek yang sangat cerah ke depannya. Ia sendiri memiliki delapan kolam ikan nila. Permintaan pasar terhadap ikan nila sangat tinggi, sehingga ia beralih ke bisnis ini. sekali panen ia bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan juta penghasilan kotor. Ia memang memilki karyawan yang membantunya, sehingga ia tinggal mengurusi manajemen usahanya saja.

Pentingnya Kolam Terpal dalam Budidaya Ikan Nila

Hal yang paling dari budidaya ikan nila ini tentu saja kolam terpal. Bila salah memilih jenis kolam terpal yang bagus, maka perawatan ikan pun menjadi susah. Kolam terpal yang baik harus mempunyai berbagai jenis diameter yang pas dengan lahan yang dimiliki, seperti produk dari kolamterpal.net. Apalagi dengan kepercayaan yang sudah terbukti dari banyak pengusaha ikan air tawar lainnya. Info pemesanan bisa melalui nomor WA 085730018282.

Bantu kami menjadi lebih baik lagi ya.. silahkan beri rating: