Budidaya Lele Sangkuriang Organik Terpal

cara budidaya ikan mas kolam terpal

Budidaya Lele Sangkuriang Organik Terpal

Perbedaan Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo dan Cara Budidaya Lele Sangkuriang Organik Terpal

 

Ikan lele adalah salah satu ikan air tawar yang banyak dipilih peternak pemula sebagai usaha budidaya ikan lele di kolam terpal maupun budidaya ikan lele di kolam tanah. Jenis lele yang umumnya dibudidaya yaitu ikan lele dumbo dan ikan lele sangkuriang. Sebelum memulai usaha ternak lele dengan cara budidaya lele sangkuriang di kolam terpal atau budidaya ikan lele dumbo di kolam tembok, tahukah anda apa perbedaan antara ikan lele dumbo dan ikan lele sangkuriang?

 

1. Sejarah lele dumbo dan lele sangkuriang

Lele dumbo didatangkan dari Taiwan sekitar tahun 1985 dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan lele lokal pada saat itu. Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi kemudian melakukan perkawinan silang induk lele dumbo betina generasi kedua (F2) dengan induk jantan generasi keenam (F6) yang merupakan keturunan induk betina F2. Itulah kenapa kemudian nama ‘Sangkuriang’ yang dipilih untuk lele hasil silang tersebut.

 

2. Perbedaan fisik lele dumbo dan lele sangkuriang

Tidak ada perbedaan mencolok antara fisik ikan lele dumbo dan lele sangkuriang. Namun ikan lele sangkuriang tidak mudah terserang penyakit dibandingkan lele dumbo, karena lele sangkuriang punya daya tahan tubuh yang lebih kuat terhadap serangan bakteri pembawa penyakit.

Karena ketahanan tubuh ikan lele sangkuriang sangat baik, memelihara lele untuk tujuan konsumsi bisa dilakukan dengan cara budidaya lele sangkuriang di kolam terpal atau dengan cara budidaya lele sangkuriang bagi pemula di kolam tanah. Sementara budidaya ikan lele dumbo di kolam tembok juga banyak dipilih peternak untuk menghemat biaya perawatan kolam.

budidaya-lele-organik

 

3.Ukuran kolam budidaya lele dumbo vs ukuran kolam budidaya lele sangkuriang di kolam terpal

Cara budidaya lele sangkuriang di kolam terpal sangat cocok bagi peternak pemula yang memiliki lahan terbatas. Budidaya lele sangkuriang bisa dilakukan di lahan sempit, karena hanya memerlukan kolam berukuran 5 x 2 meter untuk membesarkan 1000 ekor benih lele sangkuriang.

 

4. Produksi telur ikan lele dumbo vs produksi telur ikan lele sangkuriang

Telur yang dihasilkan lele sangkuriang dua kali lebih banyak daripada produksi telur ikan lele dumbo. Umumnya, ikan lele dumbo memproduksi sebanyak 20.000 – 30.000 butir telur (sekali pemijahan). Sedangkan lele sangkuriang mampu bertelur sebanyak 40.000 – 60.000 butir. Daya tetas telur ikan lele sangkuriang juga lebih tinggi daripada lele dumbo.

 

5.Masa panen lele dumbo vs masa panen lele sangkuriang

Mulai dari tingkat pembenihan lele sampai tingkat pembesaran lele, pertumbuhan lele sangkuriang lebih cepat. Pada tingkat pembenihan, pertumbuhan lele sangkuriang memerlukan waktu 20-25 hari, sedangkan lele dumbo membutuhkan 30-40 hari. Kemudian di tingkat pembesaran, lele sangkuriang bisa dipanen dalam waktu 45-60 hari untuk mencapai ukuran lele yang siap dikonsumsi. Sementara masa panen lele dumbo mencapai waktu 4-6 bulan.

 

Untuk tujuan konsumsi, cara budidaya lele sangkuriang bagi pemula di kolam tanah secara organik atau budidaya lele sangkuriang organik terpal dirasa cukup menantang karena budidaya lele berbasis organik memang tidak mudah. Budidaya lele organik ini dilakukan dengan cara memelihara dan merawat lele dengan obat-obatan herbal atau organik untuk mencegah lele terserang penyakit dan efek samping obat berbahan kimia.

 

Budidaya ikan lele dumbo di kolam tembok berbasis organik atau budidaya lele sangkuriang organik terpal di kolam terpal tentunya memiliki banyak keunggulan daripada cara budidaya ikan lele biasa. Keunggulan budidaya lele sangkuriang organik diantaranya:

 

  1. Tekstur daging lebih padat dan rasanya lebih renyah, serta mengandung lebih sedikit lemak
  2. Lebih menghemat biaya perawatan karena tidak menggunakan obat kimia
  3. Lebih aman dikonsumsi karena tidak tercemar zat kimia

 

Nah, singkat kata, sebagai peternak pemula yang peduli pada kesehatan, anda bisa memelihara ikan lele dengan melakukan budidaya lele sangkuriang organik terpal.

 

Baca Juga: Cara budidaya ikan patin dikolam terpal

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.