Cara Budidaya Ikan Lele Nila di Kolam Terpal

cara budidaya ikan air tawar

Cara Budidaya Ikan Lele Nila di Kolam Terpal

Tips Sukses Cara Budidaya Ikan Lele Nila di Kolam Terpal

 

Memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk budidaya ikan air tawar di kolam terpal adalah pilihan tepat bagi anda yang ingin beternak ikan dengan modal terbatas. Umumnya, peternak pemula membudidayakan ikan air tawar seperti lele, mujaer, nila dan gurame di kolam terpal yang relatif lebih menghemat biaya, meskipun ada juga yang melakukan dengan cara ternak ikan nila di kolam tembok atau kolam tanah.

 

Cara budidaya ikan lele kurang lebih sama dengan cara ternak ikan nila. Namun beternak ikan lele, ikan nila atau ikan gurame di kolam terpal memang lebih mudah pelaksanaan dan perawatannya dibandingkan dengan cara ternak ikan nila di kolam tembok. Dengan modal yang lebih sedikit serta waktu pembuatan dan persiapan kolam yang lebih cepat, budidaya ikan di kolam terpal juga membuahkan hasil panen ikan yang sama berkualitas dengan ikan hasil budidaya di kolam tembok atau kolam tanah.

 

Yang terpenting diperhatikan dalam budidaya ikan air tawar lele gurame di kolam terpal adalah memilih terpal kualitas baik untuk kolam terpal ikan air tawar anda. Carilah supplier terpal yang menyediakan terpal khusus kolam ikan. Disana anda bisa mendapatkan terpal dengan bahan tebal yang kuat dan mampu menampung volume air dan ikan, awet tidak lapuk meski dipakai sampai lebih dari 1 tahun, serta tidak mudah robek.

 

 

Selain pemilihan terpal yang baik untuk kolam, berikut ini sederet tips sukses cara budidaya ikan lele nila di kolam terpal atau cara budidaya ikan air tawar lele gurame di kolam terpal:

 

  1. Terpal harus dibersihkan dulu (tanpa sabun) sebelum dipasang di kolam untuk menghilangkan bau lem atau bahan kimia yang bisa meracuni benih ikan. Bilas terpal dan keringkan selama 1 hari. Waktu pengeringan kolam terpal ini jauh lebih cepat daripada lama pengeringan kolam pada cara ternak ikan nila di kolam tembok.

 

  1. Lokasi tempat budidaya ikan lele nila di kolam terpal harus terkena sinar matahari langsung dan dekat dengan sumber air yang bersih tidak tercemar.

 

  1. Sebaiknya kedalaman kolam terpal ikan lele adalah 1-1,5cm, sedangkan kolam terpal ikan nila sekitar 80-120cm. Kedalaman kolam terpal ikan lele nila ini bisa disesuaikan dengan kepadatan jumlah benih ikan yang disebar. Ini penting diperhitungkan dengan baik untuk menghindari kegagalan panen akibat kematian ikan.

 

  1. Selain pemilihan benih ikan yang berkualitas, anda harus jeli memilih pakan utama ikan lele dan nila yang dijual di pasaran. Sebaiknya juga tidak memberi pakan terlalu sering, cukup pada pagi dan malam hari ketika suhu air stabil.

 

  1. Ikan air tawar seperti lele dan nila umumnya membutuhkan pakan pelet dengan kandungan protein 20%-30%. Yang berbeda adalah ikan lele memerlukan pakan yang mengandung 20% karbohidrat dan 15% lemak, sementara pakan ikan nila setidaknya memiliki 63%-73% karbohidrat dan maksimal 70% lemak.

 

  1. Yang juga tidak kalah penting dalam pemeliharaan ikan air tawar di kolam terpal adalah membuat saluran pembuangan pada kolam terpal untuk menjaga kebersihan air dan kesehatan ikan.

 

cara budidaya ikan mas kolam terpal

 

Cara membuat saluran pembuangan pada kolam terpal adalah:

 

  1. Siapkan pipa paralon, gunting, lakban tebal, sambungan L 1 ½” dan 2 buah karet ban dalam kendaraan roda dua.

 

  1. Rekatkan kuat-kuat lakban tebal pada permukaan dalam dan permukaan luar bagian terpal yang akan dibuat saluran pembuangan.

 

  1. Belah lakban sesuai ukuran paralon, jangan digunting seluruh bagian.

 

  1. Pasang sambungan L dari dalam permukaan sehingga permukaan terpal rata dengan sambungan L.

 

  1. Terakhir, ikat dengan kuat bagian luar sambungan L dan terpal menggunakan karet ban. Sebelum saluran pembuangan dipasang pada kolam terpal, periksa apakah ada celah yang akan memicu kebocoran.

 

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.