Budidaya Ikan Lele: Cara Membuat Kolam Terpal untuk Media Budidaya Ikan Lele

jual kolam terpal

Budidaya Ikan Lele: Cara Membuat Kolam Terpal untuk Media Budidaya Ikan Lele

Budidaya Ikan Lele dalam media kolam terpal atau kolam bulat

Budidaya ikan lele kini menjadi salah satu pilihan banyak petani ikan untuk mengembangkan usahanya mengingat pasar yang semakin berkembang dan ramai. Perkembangan bisnis kuliner dan gaya hidup masyarakat dalam dunia kuliner menjadikan lele sebagai komoditas ikan yang kini banyak diminati. Selain harganya yang lebih terjangkau dari jenis ikan lain, ternyata lele juga mengandung gizi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Oleh karena itu permintaan akan ketersediaan ikan lele menjadi meningkat.

Dampak positif dari permintaan tinggi akan ikan lele menjadi pemacu perkembangan cara dan teknologi budidaya ikan lele. Tak hanya dibudidayakan di kolam ikan, kolam lele, atau kolam ikan tawar konvensional pada umumnya, kini budidaya ikan lele juga mulai dikembangkan dengan menggunakan media kolam terpal atau kolam bulat yang dinilai dan terbukti lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan media kolam ikan konvensional pada umumnya.

Lalu, seperti apa sebenarnya kelebihan kolam terpal bulat dan bagaimana cara membuat kolam terpal?

Kolam terpal bulat memiliki beberapa kelebihan:
1. Kolam terpal bisa dibuat di mana saja, asal terdapat lahan kosong. Maksudnya, Anda tak harus membutuhkan pekarangan luas dari tanah. Anda bisa membuat kolam terpal di halaman belakang rumah—entah halaman masih berupa tanah atau sudah di paving.
2. Mampu menampung ikan jauh lebih banyak dari kolam kotak. Ini dikarenakan, kolam bulat tidak memiliki sudut mati sehingga.
3. Mengurangi jumlah kematian ikan. Karena tidak memiliki sudut mati, maka ikan akan terus bergerak. Hal ini akan mencegah kanibalisme diantara ikan.
4. Kualitas ikan yang lebih baik, meliputi: tidak berbau tanah, bersih dan seragam.
5. Mudah dibersihkan karena terdapat lubang pembuangan yang bisa dibuka dan ditutup dengan mudah. Jadi kondisi air bisa dijaga kebersihannya. Juga, setelah panen, kolam dengan sangat mudah dibersihkan dan tanpa membutuhkan waktu yang lama untuk diisi kembali.

contoh kolam terpal untuk budidaya ikan lele

kolam terpal

Cara membuat kolam terpal

Cara membuat kolam terpal sebenarnya sangat mudah. Anda bisa menggunakan rangka kolam dari besi wermes atau dari pipa paralon. Atau, jika kolam terpal yang Anda buat berbentuk kotak, maka Anda juga bisa menggunakan bambu sebagai rangkanya. Sesuaikan ukuran kolam terpal sesuai dengan lahan yang Anda miliki. Sebagai pertimbangan, Kolam terpal bulat dengan diameter 3 meter bisa menampung hingga 5000 ekor lele. Sangat efektif bukan?
Kemudian, untuk terpalnya, ada beberapa tipe terpal yang bisa Anda pilih, dari mulai terpal jenis A5 (paling murah) hingga jenis terpal semi karet (terpaulin)(paling bagus). Jika Anda merasa kesulitan untuk menjahit, mengukur atau menyesuaikan terpal dengan rangka kolam yang sudah Anda buat atau miliki, maka Anda bisa langsung membeli ke produsen kolam terpal yang menyediakan kolam terpal lengkap dengan rangka dan peralatan pelengkapnya.

Budidaya lele yang tepat dengan media dan perawatan yang tepat akan menghasilkan panen yang maksimal. Dan kolam bulat atau kolam terpal merupakan media terbaru yang bisa memaksimalkan kualitas dan kuantitas panen ikan tawar Anda.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.