Kolam Terpal Bulat Ikan Lele Dumbo Sangkuriang Nila

tips-cara-beternak-memelihara-ikan-lele-dumbo-sangkuriang-dikolam-terpal

Kolam Terpal Bulat Ikan Lele Dumbo Sangkuriang Nila

Tips Cara Beternak Memelihara Ikan Lele Dumbo di Kolam Terpal Bulat

Kolam terpal banyak dipilih para peternak ikan pemula yang memiliki keterbatasan lahan. Selain kolam terpal yang berbentuk kotak, anda bisa menggunakan kolam terpal bulat untuk budidaya ikan lele dumbo, lele sangkuriang, atau ikan nila. Cara pembesaran budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal membutuhkan kedalaman kolam terpal 1-1,5cm, sedangkan kolam terpal budidaya ikan nila kedalamannya sekitar 80-120cm.

 

Cara pembesaran budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal bulat tidak jauh berbeda dari cara beternak memelihara ikan lele dumbo di kolam terpal kotak. Hanya saja pertumbuhan kematangan lele sangkuriang lebih lama, mencapai 8-9 bulan, dibandingkan dengan kematangan ikan lele dumbo sekitar 4-5 bulan.

 

Kolam terpal bulat memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kolam terpal kotak, karena:

  1. air bisa berputar merata ke seluruh kolam
  2. saluran pembuangan bisa dibentuk kerucut dan landai di tengah dasar kolam sehingga kebersihan kolam lebih terjaga dan tidak tercemar sisa-sisa pakan ikan lele sangkuriang di kolam terpal
  3. bisa dimanfaatkan untuk penerapan tebar padat tinggi

kolam-terpal

Kolam terpal bulat tidak hanya digunakan untuk budidaya ikan lele sangkuriang, tetapi juga untuk memelihara ikan lele dumbo dan ikan nila. Diameter kolam yang dibutuhkan untuk kolam terpal bulat ikan lele dumbo sangkuriang nila umumnya berukuran diameter 3 sampai 5 meter dengan ketinggian minimal 1,2 meter. Ketinggian kolam bisa dibuat lebih dari ukuran tersebut untuk memberi ruang gerak yang cukup bagi ikan, terutama jika diterapkan sistem tebar padat tinggi.

Cara beternak memelihara ikan lele dumbo di kolam terpal bulat dengan sistem bioflok, konvensional, maupun organik agar berhasil sebaiknya memperhatikan tips berikut:

 

1. Kapasitas ikan dalam kolam terpal bulat

Untuk kapasitas rendah, dalam kolam terpal bulat bisa dimasukkan 50 sampai 100 ekor ikan per kubik air. Untuk kapasitas normal sejumlah 100 sampai dengan 300 ekor ikan per kubik air. Sementara untuk sistem bioflok atau kapasitas tinggi, bisa mencapai 400 sampai 1500 ekor ikan per kubik air.

Karena volume air di dalam kolam terpal bulat sebenarnya lebih sedikit dibandingkan kolam kotak, maka kolam terpal bulat ini lebih cocok diterapkan untuk cara pembesaran budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal sistem tebar padat tinggi.

 

2.Saluran pembuangan kolam terpal bulat

Di tengah dasar kolam terpal bulat sebaiknya dibuat melandai dan dibentuk mengerucut agar kotoran dan sisa-sisa pakan ikan lele sangkuriang di kolam terpal mudah dibuang dan tidak mengendap.

 

3.Kerangka besi kolam terpal bulat

kerangka-kolam-terpal

Untuk membuat kolam terpal bulat, anda bisa menggunakan kerangka besi ulir atau besi wiremesh. Agar kerangka lebih awet, sebaiknya gunakan cat besi terlebih dahulu sebelum dipasang.

 

4.Letak kolam terpal bulat

Jika cara pembesaran budidaya ikan lele sangkuriang di kolam membutuhkan lebih dari satu kolam, sebaiknya kolam terpal bulat tidak dibuat terlalu berdekatan apalagi berdempetan seperti kolam kotak.

 

5.Pemberian pakan ikan lele sangkuriang di kolam terpal

Sebenarnya tidak banyak perbedaan soal pakan ikan lele dalam cara beternak memelihara ikan lele dumbo di kolam terpal bulat maupun kotak. Pada kolam terpal, sebaiknya lakukan pemupukan kolam selama beberapa hari agar lumut, jentik, plankton, atau mikroorganisme positif lainnya bisa tumbuh untuk pakan alami ikan lele.

Sekitar dua sampai tiga hari setelah benih ikan lele ditebar, anda bisa memberikan pakan ikan lele sangkuriang di kolam terpal tidak lebih dari dua kali sehari berupa tepung ikan, bungkil kacang kedelai, kacang hijau, tepung darah, dan dedak yang sudah dihaluskan. Atau dengan menambahkan pelet instan yang mengandung vitamin dan mineral.

Baca Juga; Cara Budidaya Memelihara dan memijahkan ikan lele di kolam terpal

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.