Membuat Kolam Ternak Ikan Lele

cara-membuat-kolam-terpal-1

Membuat Kolam Ternak Ikan Lele

Tips Membuat Kolam Ternak Ikan Lele yang Baik dan Benar

 

Kita harus pandai melihat peluang dan salah satunya adalah dengan membuat terobosan usaha mandiri atau menjadi seorang entrepreneur. Untuk menjadi pengusaha mandiri, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari peluang. Beternak ikan adalah salah satu usaha yang patut dicoba. Usaha beternak ikan dapat dilakukan dengan mudah dengan teknik kolam terpal. Membuat kolam ternak ikan lele tidaklah sulit.

 

Kolam ikan terpal terbukti dapat menjadi alternatif yang baik dalam usaha budidaya ikan. Kolam terpal lebih efisien dan murah dibandingkan dengan pembuatan kolam permanen. Kolam terpal menjadi pilihan yang populer karena kualitas ternak yang terjamin baik. Selain efisien dari segi harga, kolam terpal dinilai lebih efisien dari segi penggunaan.  Kolam ikan terpal dapat digunakan untuk ikan konsumsi seperti ikan lele. Kolam dengan bahan terpal dapat dengan mudah dibuat di sekitar rumah. Untuk memulai usaha budidaya ikan lele, kita wajib mengetahui cara membuat kolam ternak ikan lele dengan terpal.

cara-membuat-kolam-terpal-1

Cara ternak ikan lele di kolam terpal:

 

 

Kolam terpal untuk ikan lele dapat dirancang dengan bahan bambu. Bambu adalah alternatif yang baik untuk memangkas biaya pembuatan kolam. Kerangka bambu adalah bahan yang lebih murah dibandingkan dengan bahan besi. Biaya kerangka bambu juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan bahan fiberglass atau batu bata. Namun demikian, kolam ikan lele terpal dengan kerangka bambu tentulah memiliki ketahanan yang kurang baik. Usia kolam terpal dengan bambu umumnya lebih pendek jika dibandingkan dengan kerangka besi atau batu bata yang tentunya lebih permanen. Meskipun begitu, untuk budidaya ikan lele pemula, kerangka bambu lebih disarankan. Hal ini dikarenakan biaya yang murah. Beternak ikan lele di kolam terpal sama dengan beternak lele dengan media lain. Umumnya, kolam terpal berfungsi sama dengan kolam ikan lele konvensional.

 

Beternak lele di dalam kolam terpal tidak jauh berbeda dengan usaha budidaya ikan lele pada umumnya. Berikut adalah hal-hal yang harus disesuaikan untuk kesuksesan ternak ikan lele di kolam terpal:

 

  1. Setelah menentukan jenis ikan untuk kolam terpal, peternak harus menyesuaikan tinggi kolam.
  2. Kekuatan penyangga harus dibuat sesuai dengan debit air.
  3. Kolam ikan terpal harus dibuat di lahan dengan tanah yang rata.
  4. Kerangka terpal harus aman dan tidak tajam agar terpal tidak bocor.

Baca juga: Cara membuat kolam terpal

 

Cara Membuat Kolam Ikan Lele Terpal

 

Membuat kolam ternak ikan lele dengan terpal dapat dilakukan langsung di atas permukaan tanah. Kerangkan lebih efisien dibuat dari bahan bambu. Kerangka bambu ukuran 2×4 meter akan memerlukan terpal dengan ukuran 4×6 meter. Selain itu, peternak harus menyiapkan 10 batang bamboo. Bambu bisa dipilih dengan ukuran sekitar 7 meter.

Berikut adalah langkah-langkah membuat kolam ikan lele terpal:

  1. Buat jari-jari dari bambu ukuran 2 dan 4 meter. Semakin rapat kerangka akan semakin baik.
  2. Buat pagar bambu dengan ukuran 1×4 dan 1×2, masing-masing satu pasang.
  3. Pasang pipa untuk pembuangan sekaligus pengatur ketinggian debit air.
  4. Pasang terpal.

 

Cara Membuat Kolam Ikan Lele dari Beton

 

Kolam ikan lele dari bahan beton memakan biaya yang lebih besar. Akan tetapi, hasilnya lebih permanen dengan ketahanan yang jauh lebih terjamin. Untuk membuat kolam ikan lele beton lebih efisien, dasar kolam harus dibuat melandai sebesar 5 derajat ke arah pintu pembuangan air. Penting untuk juga memastikan bahwa kolam beton untuk ikan lele dapat membuang seluruh air, endapan, sisa kotoran, dan makanan ikan. Hal tersebut penting untuk menjaga kesehatan ikan di dalam kolam beton.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.