strategi-pemasaran-bisnis-ikan-lele

Strategi Pemasaran untuk Pebisnis Ikan Lele

Pemasaran Bisnis Lele yang Bisa Meledak di Era yang Serba Modern

Betapa pentingnya sistem pemasaran dalam segala usaha, termasuk usaha bisnis lele. Usaha akan semakin tandus tanpa adanya marketing yang baik. Sistem marketing juga dapat dipelajari seiring berkembangnya zaman. Dahulu orang memiliki usaha sebatas offline, tapi kini bisa juga dijual melalui online.

Sistem pemasaran yang tepat dan mutakhir sangat penting bagi keberlangsungan usaha budidaya ikan lele. Budidaya ikan lele bisa dikembangkan dengan berbagai sistem pemasaran sehingga menghasilkan pendapatan yang besar. Anda bisa mempersiapkan segala macam bentuk pemasaran untuk mendapatkan hasil sebanyak dua kali lipat atau berkali-kali lipat dari sebelumnya.

Sebaliknya tanpa sistem pemasaran yang tepat, Anda hanya akan mendapatkan penghasilan yang stabil, konstan, dan tidak bisa meledak. Anda tidak akan bisa mencapai target-target tertentu ketika tidak menerapkan sistem pemasaran yang tepat.

Kita semua bisa belajar dari pemuda yang bernama Fauzan Hangriawan yang telah sukses menjadi pebisnis lele Sangkuriang di Jakarta. Pemuda 26 tahun ini sudah menggawangi usaha bisnis lele hingga dapat meraih omset hingga ratusan juta rupiah.

Modal awal Fauzan anak kuliahan di Universitas Atmajaya Jakarta ini hanya lah sebesar Rp 1,5 juta rupiah. Ia mengawali usaha di pekarangan belakang rumah dan penghasilannya kini sudah ratusan juta rupiah karena sudah berkembang menjadi banyak kolam pembesaran. Menarik bukan usaha rumahan yang kini sukses?

strategi-pemasaran-bisnis-ikan-lele-yang-oke
Strategi Bisini Ikan Lele

Strategi Pemasaran Bisnis Lele yang Hasilnya Oke Banget

Ada beberapa strategi pemasaran yang harus Anda terapkan sebagai pelaku budidaya lele. Anda tidak bisa pasrah menjual hasil lele hanya dari hasil panen saja yang dijual ke kilangan ikan. Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk menghasilkan omset yang melejit melalui usaha ternak lele. Adapun strategi pemasaran yang bisa Anda raih ialah sebagai berikut:

1. Iklan di Internet

iklan-internet

Anda bisa menjual hasil panen ikan lele melalui iklan di internet sehingga banyak khalayak umum yang mengetahui bahwa Anda memiliki usaha ternak lele yang hasilnya cukup besar. Sebagai pemula, Anda harus menjadi pengusaha yang aktif dalam hal menjual hasil panen lele.
Keuntungan yang akan Anda dapatkan tentunya juga cukup besar jika dijual melalui internet. Anda bisa mengusahakan bisnis lele dari nol hingga meraup keuntungan yang sangat besar.

2. Bekerjasama dengan Rumah Makan

Rumah-Makan-lele

Sebisa mungkin Anda datangi ke rumah-rumah makan, restoran, warung pecel lele, dan lain sebagainya untuk diajak bekerjasama mengambil ikan lele ke tempat Anda. Berikan mereka brosur sehingga hasilnya bisa lebih berkualitas jika diusahakan untuk dijual secara kontinyu.
Anda bisa menjual dengan harga yang cukup miring dibandingkan dengan pelaku bisnis lele lainnya sehingga Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari hasil panen lele.

3. Bekerjasama dengan Penjual Ikan di Pasar

penjual-ikan-lele

Anda bisa bekerjasama dengan ibu-ibu penjual ikan di pasar. Selain menyerahkannya pada kilangan. Anda juga bisa menjualnya secara pribadi sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Anda juga bisa menjual ikan di pasar dengan harga yang cukup miring sehingga keuntungannya bisa dinikmati sesegera mungkin. Anda bisa terkenal sebagai pelaku bisnis lele jika sudah banyak berkenalan dengan para penjual ikan.

4. Bekerjasama dengan Supermarket.

ikan-lele-disupermarket

Anda bisa bekerjasama dengan para pemilik supermarket untuk mendapatkan pelanggan yang menerima hasil dari panen ikan lele Anda. Anda juga bisa menjual hasil panen ikan lele dengan harga yang cukup miring di berbagai supermarket.
Anda akan menjadi pemasok ikan lele yang berpenghasilan besar jika sudah banyak bekerjasama dengan para pemilik supermarket. Anda juga bisa menghasilkan panen ikan lele yang hasilnya besar jika mau menjualnya dengan para pemilik mini market atau super market.

5. Dijual dalam Bentuk Olahan

olahan-kerupuk-ikan-lele
Olahan Kerupuk Ikan Lele

Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis lele apabila menjual aneka olahan lele. Lele akan bernilai jual lebih jika dijual dalam bentuk olahan. Olahan lele seperti bakso, abon, burger, dan lain sebagainya.
Olahan lele juga biasanya lebih awet jika dijual. penjualan dari hasil olahan lele juga lebih berkualitas dan harganya lebih mahal. Anda akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dari penjualan makanan olahan lele.

semangat-pebisinis-ikan-lele

Semangat Menjadi Pelaku Bisnis Lele

Anda bisa menjalani hidup sebagai pelaku bisnis lele dengan niat yang bulat. Anda harus konsisten membangun usaha dari nol. Panen pertama, kedua, ketiga, mungkin Anda akan menemukan banyak kendala. Anda akan menemui berbagai hambatan usaha, tapi jika sudah mulai panen keempat, biasanya Anda sudah memiliki ilmu dan lebih berpengalaman dalam menjalani profesi sebagai peternak lele.
Setidaknya Anda harus mencoba tips-tips berikut ini untuk menjadi pelaku bisnis lele yang professional sebagai berikut:

1. Niat Bulat

Anda jangan ada keraguan jika ingin memulai usaha budidaya lele. Pastikan Anda semangat membara dalam menjalani hari sebagai pelaku budidaya lele. Niat menjadi salah satu pemicu yang akan membuat Anda memiliki ketetapan hati dalam melakukan usaha bisnis lele. Jika sudah mulai bosan, Anda bisa mengingat niat awalnya.

2. Konsisten

Nanti Anda akan menemui berbagai hambatan selama menjalani usaha sebagai pelaku budidaya lele. Tapi Anda harus konsisten terhadap pekerjaan Anda menjadi pelaku bisnis lele. Jangan mudah patah semangat di tengah jalan.
Pastikan Anda bertahan hingga kesuksesan sudah di tangan. Pertambah kolam pembesaran ikan jika modal bisa kembali dan keuntungan berkembang.

3. Pemasaran yang Tepat

Anda jangan malu memasarkan hasil panen ikan lele. Ikan lele bisa menjadi komoditi yang besar apabila dipasarkan dengan tepat. Tidak ada kata malu ketika Anda harus mempromosikan produk ikan lele kepada khalayak umum demi keuntungan yang berlimpah-limpah.
Anda juga jangan canggung untuk mendatangi setiap rumah makan agar mendapatkan kerjasama untuk menerima hasil panen ikan lele Anda. Anda jangan sampai lengah dalam mengelola usah ikan lele sehingga hasilnya bisa dinikmati secara nyata.

Strategi pemasaran pelaku ternak lele bisa menjadi kekuatan yang besar dalam kehidupan Anda sebagai pembudiaya ikan. Tidak harus berlatar belakang sebagai S1 perikanan, Anda bisa menjalani hidup sebagai peternak ikan lele dengan hasil yang baik jika mau mencoba dan belajar.

Untuk pembesaran yang pertama, kedua, dan ketiga, mungkin Anda masih harus membaca panduan dan mengalami beberapa kegagalan. Tapi nanti kalau sudah panen berulang-ulang kali pasti Anda sudah hafal dan sudah paham dengan ilmu ternak lele yang baik.

sukses-budidaya-lele

Anda juga bisa memiliki penghasilan dari ternak lele dalam jumlah yang besar jika mau bersabar dan merintisnya dari nol. Anda tidak perlu khawatir dengan bagaimana nanti hasil akhirnya jika sudah mulai berjalan dalam usaha bisnis lelenya. Anda tidak perlu bingung dengan pendapatan budidaya lele jika sudah banyak yang tahu Anda ialah seorang pembudidaya ikan lele.

Nama Anda akan semakin dikenal luas sehingga siapa saja yang membutuhkan ikan lele bisa datang kepada Anda. Pastikan Anda serius dalam menjalani usaha bisnis lele!