bisnis-ternak-ikan-lele

Ini Rahasia SUKSES Bisnis Ternak Ikan Lele!

Bisnis Lele Omset Ratusan Juta Per Bulan? Ini Caranya!

Bisnis Lele ternyata bisa mencapai omset ratusan juta per bulan. Bener tuh gan? Benar! Mau bukti? Kalian bisa cari riwayat seorang pembudidaya sukses Abdul Chafid yang sudah terbukti menjadi jutawan karena beternak lele jenis Burma.

Pemuda asal Pasuruan Jawa Timur ini dahulu sudah mencoba peruntungan dalam melakukan ternak lele Burma sejak beberapa waktu terakhir. Ia menggunakan modal sekitar Rp 500 juta untuk membuat kolam dan segala macam perlengkapan yang dibutuhkan. Dari modal tersebut, Abdul Chafid memperoleh keuntungan sekitar Rp 53 juta per bulannya.

lele-burma
lele-burma

Bayangkan sobat, Rp 53 juta per bulannya? Wow banget kan? Di zaman yang serba susah ini. Masih banyak juga pemuda-pemuda yang berhasil meraub keuntungan berlipat-ganda dari hasil beternak ikan. Tentu langkah pemuda ini patut kita coba. Apakah kita bisa menjadi seperti sosok Abdul Chafid ini? Mari kita upayakan sebaik-baiknya.

Kolam Terpal Media Terbaik dalam Beternak

Anda seorang pemula yang mau memulai bisnis ternak lele yang maju? Anda bisa memilih kolam terpal sebagai media terbaik. Terlebih bagi Anda yang masih pemula dan ingin membuka usaha ternak. Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan kolam ternak dalam melakukan budiaya ikan lele.

Banyak para pengusaha yang menggunakan kolam terpal sebagai media pembesaran lele. Alasannya simpel, karena mengincar keuntungan yang lebih banyak dari bisni lele. Modal awal yang dibutuhkan cukup sedikit, sehingga bisa dilakukan untuk usaha rumahan yang hasilnya cukup besar.

media-kolam-terpal-untuk-ternak-lele
media-kolam-terpal-untuk-ternak-lele

Alasan mengapa Anda harus menggunakan kolam terpal sebagai media bisnis lele yang memiliki keuntungan besar ialah sebagai berikut:

1. Kolam Terpal Irit Lahan

Tahukah Anda bahwa kolam terpal merupakan media kolam yang sangat irit lahan dibandingkan dengan kolam-kolam yang lain. Kolam yang lain memang membutuhkan tempat yang cukup luas karena memang dibuat langsung di atas tanah atau pun menggunakan beton.

Kolam terpal tidak memakan lahan khusus, karena Anda bisa membuka usaha di depan rumah, pekarangan rumah, atau pun tempat-tempat lain yang sesuai dengan kebutuhan. Anda pun bisa mengusahakan yang terbaik untuk membuat kolam terpal sebagai media bisnis lele.

2. Kolam Terpal Lebih Hemat

Pengeluaran yang seharusnya digunakan sebagai pembuatan kolam tanah atau kolam beton bisa digunakan untuk keperluan lain. Anda hanya membutuhkan biaya untuk membeli kolam terpal yang harganya jauh lebih murah.

Modal awal yang Anda butuhkan untuk bisnis lele tentunya lebih murah dan hemat, sehingga usaha Anda dalam melakukan bisnis lele bisa berjalan semakin sukses dan maju. Kolam terpal memang merupakan solusi bagi penghematan biaya kolam.

Pemilihan Bibit Ikan Lele Unggul dan Berkualitas untuk Bisnis Lele yang Maju

Bibit-lele-berkualitas
Bibit-lele-berkualitas

Anda bisa memilih bibit ikan lele yang unggul dan berkualitas untuk mendapatkan kondisi dimana bisnis lele Anda bisa maju pesat. Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan bibit ikan lele yang unggul dan berkualitas sebagai berikut:

1. Pilih Bibit Ikan Lele yang Kualitasnya Bagus dari Pembenihan yang Kredibel

Anda bisa memilih bibit ikan lele yang berkualitas dari tempat pembenihan yang sudah kredibel. Kredibel atau tidaknya tempat pembenihan ikan lele tentunya dapat dilihat dari segi banyaknya testimoni yang muncul. Tentu banyak sekali pelanggan atau pun pelaku komunitas ikan lele yang sudah mempercayakan pembenihan bibitnya dari tempat yang sudah unggulan.

2. Pilih Bibit Ikan Lele yang Ukurannya Sama

Sebagai pembudidaya pemula yang mau melakukan usaha bisnis lele yang maju dan sukses, sebaiknya Anda memperhatikan pembibitan ikan lele yang ukurannya sama. Ukuran yang sama merupakan syarat budidaya ikan lele menjadi berhasil.

bibit-ikan-lele-bagus
bibit-ikan-lele-bagus

Ukuran ikan lele yang berbeda akan membuat ikan lele saling mangsa dan menjadi kanibal. Ikan lele yang kualitasnya sangat baik jangan sampai saling makan sehingga akan memperbesar angka kematian. Angka kematian yang besar akan membuat angka panen menjadi semakin menurun.

3. Pilih Bibit Ikan Lele dari Indukan yang Berkualitas dan Sehat

Sebelum memilih bibit ikan lele yang digunakan sebagai pembesaran bisnis lele, pastikan Anda melihat indukan ikan lele yang dipilih. Apabila indukan ikan lele sehat, biasanya juga akan menghasilkan benih ikan lele yang sehat pula. Pastikan Anda juga melihat langsung bagaimana indukan lele yang dibudidayakan oleh pemiliknya.

Apabila benar indukan lele dan benih lelenya berkualitas, maka Anda bisa membeli benihnya dalam jumlah yang besar. Sebab apabila Anda salah pilih, tentunya Anda akan menyesalinya karena memang bibit ikan lele yang Anda beli dalam jumlah besar juga akan membuat Anda akan mengalami kerugian yang cukup besar pula.

Kondisi Air dalam Kolam yang Kualitasnya Bagus

air-kolam-lele
air-kolam-lele

Salah satu syarat untuk mendapatkan hasil panen ikan lele yang berkualitas ialah dengan mempertahankan kebersihan air. Setidaknya ada beberapa kondisi air dalam kolam yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut:

1.  Langsung dari Mata Air

Sebaiknya air yang digunakan sebagai bisnis lele bagi usaha Anda ialah air yang kualitasnya baik. Kualitas baik bisa dilihat dari langsung atau tidaknya dari mata air. Air yang berasal langsung dari mata air tentunya memiliki kualitas yang sangat baik. Entah dari segi warnanya yang jernih, tapi juga dari kandungannya yang bersih dan tidak mengandung kotoran.

2. Tidak Mengandung Racun

Pastikan kondisi air dalam kolam yang Anda gunakan sebagai bisnis lele tidak mengandung racun. Bisa jadi mata air di dalam kolam, banyak mengandung racun dari sebuah pabrik jamu di area budidaya ikan misalnya. Sebaiknya dihindari.

Sebelum menentukan area budidaya, sebaiknya Anda pelajari dahulu. Apakah ada pabrik di area peternakan tersebut, sebab jika ada pabrik biasanya air limbahnya juga mengenai sampai ke peternakan lelenya.

tinggi-air-pada-kolam-terpal
tinggi-air-pada-kolam-terpal

3. Jangan Terlalu Penuh

Pastikan kondisi air di dalam kolam diisi dengan kondisi yang tidak terlalu penuh. Sebab air yang terlalu tinggi akan membuat ikan lele yang ada di dalamnya menjadi mudah meloncat atau pun dimakan oleh mangsa yang mengincarnya. Air di dalam kolam yang dirasa sudah terlalu penuh sebaiknya dikurangi agar tidak merugikan jumlah pembesaran bisnis lele yang dilakukan.

Perhatikan Pakan yang Terbaik untuk Ikan Lele

pakan-yang-baik-untuk-ikan-lele
pakan-yang-baik-untuk-ikan-lele

Ada banyak cara yang dapat membuat ikan lele bisa bertumbuh sempurna dan lebih baik. Salah satunya ialah dengan memperhatikan bagaimana cara memberikan pakan kepada ikan bisnis ikan lele. Adapun cara yang perlu Anda terapkan ialah sebagai berikut:

1.  Jangan Memberi Makan Terlalu Pagi

Sebaiknya Anda jangan memberikan makan terlalu pagi kepada ikan sebab ikan dalam kondisi tidak ingin makan atau kenyang sehingga akan banyak makanan yang terbuang. Pastikan Anda memberikan makan di atas jam 9 pagi saja untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Rutin Memberikan Makan Selama Pagi dan Sore

Anda bisa secara rutin meberikan makan kepada ikan dalam kondisi yang rutin yaitu pagi dan sore. Hal ini akan membuat ikan merasa kenyang sesuai dengan waktunya. Sebab jika ikan lele dibiarkan dalam kondisi lapar, tentunya lele akan berubah menjadi kanibal dan akan memangsa jenis ikan yang sama juga.

memberi-makan-ikan-lele
memberi-makan-ikan-lele

3. Pakan Ikan yang Berkualitas

Sebaiknya Anda memberikan makan ikan lele yang berkualitas sesuai dengan jenisnya. Anda bisa mempelajari ikan lele yang kualitasnya baik berdasarkan kebutuhan pakannya. Anda bisa bertanya kepada pembudidaya yang menjual benih ikan lele.

Apa jenis ikan lele dan apa jenis pakan yang harus diberikannya juga. Pastikan Anda memperhatikan bagaimna pakan ikan yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan ikan.

4. Pakan yang Tidak Membusuk

Sisa pakan ikan yang diberikan kepada ikan biasanya akan membuat air menjadi keruh dan suasana kolam menjadi busuk. Bau menyengat tentunya bisa menjadi cirikhas bagaimana kondisi kolam ikan yang ada.

Anda bisa menggunakan pakan yang kualitasnya bagus untuk diberikan kepada lele dengan catatan Anda juga harus secara rutin melakukan pembersihak kolam sehingga tidak membusuk. Akan sangat sayang sekali jika Anda membuat pembusukan ikan terjadi karena sisa makanan yang membusuk di dalam kolam.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Panen Bisnis Lele

Panen-ikan-lele
Panen-ikan-lele

Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan saat menghadapi masa panen bisnis lele. Sebaiknya Anda juga melakukan beberapa persiapan untuk menghadapi masa panen bisnis lele yaitu sebagai berikut:

1. Ambil Ikan Lele yang Sudah Siap Panen

Pastikan Anda mengambil ikan lele yang sudah siap panen. Ikan lele yang sudah siap panen biasanya akan diambil oleh pembudidaya sehingga Anda pun perlu memperhatikannya. Apakah ada banyak yang mati atau tidak. Pastikan Anda memisahkan jumlah ikan lele yang mati agar tidak mengganggu bisnis lele saat sudah dijual di kilangan ikan.

jual-dengan-harga-tepat
jual-dengan-harga-tepat

2. Dijual dengan Harga yang Tepat

Setelah Anda melakukan panen ikan, sebaiknya Anda menjual ikan lele dengan harga yang tepat. Harga yang tepat hanya akan Anda miliki dengan cara melakukan update melalui internet. Pastikan Anda tidak menjual panen ikan lele dengan harga yang melebihi umum. Bahkan kalau bisa, Anda memutuskan untuk menjualnya dengan harga yang lebih miring.

3. Lakukan Penjualan dengan Cara Berlangganan

Pastikan Ana menjual ikan lele kepada mereka yang mau diajak untuk berlanggangan. Anda bisa berlangganan untuk melakukan setor ikan lele kepada mereka yang sudah percaya dengan produk Anda.

Pastikan Anda tidak melakukan kesalahan sortir ikan yang bagus atau pun jelek sehingga tidak ada kepentingan yang krusial di dalamnya untuk menangani banyaknya ikan lele yang busuk.

Target Pemasaran Ikan Lele yang Harus Anda Bidik

target-pemasaran-ikan-lele
target-pemasaran-ikan-lele

Anda bisa melakukan pemasaran ikan dengan menentukan target mana saja yang harus Anda pegang ialah sebagai berikut:

1. Penjual Ikan Segar di Pasar

Sebaiknya Anda melakukan penjualan hasil panen ikan kepada penjual ikan segar di pasar. Kalau Anda berhasil mengambil hati salah satu penjual ikan segar di tempat budidaya dengan harga yang lebih murah, maka besar kesempatan Anda untuk mendapatkan langganan target pembeli dari ikan lele Anda.

penjual-ikan-lele-segar
penjual-ikan-lele-segar

2. Penjual Makanan atau Restoran

Sebaiknya Anda melakukan promosi untuk membeli ikan lele, sehingga akan banyak anak sekolah atau pun anak kuliah untuk ikut serta dalam mendiskusikan bagaimana ikan lele yang Anda jual akan dijadikan sebagai pelanggan atau lebih lagi. Misalnya Anda bisa memperluas jaringan para penjual makanan atau restoran ke daerah-daerah.

Hampir semua tempat makanan di kalangan menengah ke bawah, ikan lele bisa menjadikan obyek untuk mendapatkan jutaan rupiah. Pastikan Anda memiliki target berupa penjual restoran yang ada.

3. Pembenihan Ikan Lele

Anda bisa mengambil pembenihan lele untuk mendapatkan kesempatan yang berkualitas dengan kondisi sepatu yang masih sangat baik. Jangan sampai ikan yang memang dipilih menjadi pembenihan dijadikan sebagai tempat pembesaran ikan lele yang kualitasnya sangat unggul.

Mengapa Harus Bisnis Ikan Lele ?

ikan-lele
ikan-lele

Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk menjadi jutawan. Salah satunya ialah melakukan bisnis lele. Anda bisa mencari jenis ikan lele di berbagai kolam pembesaran sehingga sangat paham apakah bisnis ikan lele akan menghasilkan usaha yang maksimal ialah sebagai berikut:

1. Ikan Lele Merupakan Ikan yang Kuat

Ikan lele merupakan jenis ikan yang kuat di dalam kondisi air seperti apapun. Bahkan dengan air hujan yang mengandung kotoran pun ikan lele sanggup bertahan dibandingkan dengan jenis ikan lain yang bisa mati dalam kondisi tertentu.

2. Ikan Lele Dibutuhkan Semua Kalangan

Ikan lele merupakan jenis ikan yang dicari oleh semua kalangan. Ada banyak penggila ikan lele, baik di rumah makan biasa atau pun ikan lele yang dijual di restoran murah. Anda akan merasa bahagia dimana hasil panen Anda justru disukai oleh banyak orang. Anda tidak perlu takut untuk berjualan ikan lele.

olahan-ikan-lele-bakar
olahan-ikan-lele-bakar

Ikan lele tentunya memiliki banyak penggemar sehingga laris di lapangan. Banyak orang yang menutupi kesalahannya untuk menjadi orang yang berkebalikan dengan itu?

3. Ikan Lele Rasanya Enak Harganya Juga Murah

Ikan lele merupakan ikan yang rasanya sangat enak. Harganya pun murah karena merasa bahwa harganya yang cukup murah tapi kualitasnya sangat baik. Anda jangan sampai merasa kesepian hanya dengan karena tidak ada pembeli benih ikan lele Anda. Pastikan Anda juga meniru bagaimana ikan lele bisa dijual di kalangan ibu-ibu.

Kolam Terpal yang Kualitasnya Bagus

kolam-terpal-kualitas-bagus
kolam-terpal-kualitas-bagus

Anda bisa menggunakan kolam tepat bagi pembudidaya ikan lele yang masih premature. Premature ini ialah bisa dilakukan dengan cara dikeluarkan dari kolam yang sudah kotor. Kolam yang kami buat merupakan terpal yang kualitasnya sangat baik. Terpal kami merupakan terpal yang dibuat untuk bahan kolam yang lebih professional.

Kolam terpal lebih menghemat tenaga karena memang tidak membutuhkan biaya untuk hal-hal yang memang tidak penting. Anda bisa memesan kolam terpal yang berkualitas untuk hasil panen yang terbaik.

Kami menyediakan kolam terpal yang kualitasnya sangat bagus jika dilihat dari segi seni kerajinan atau pun dari segi materi yang memang lebih irit. Kami membuat kolam dengan kondisi yang terbaik agar hasil pembenihan ikan bisa dipantau sedetail mungkin.

produsen-kolam-terpal-berkualitas
produsen-kolam-terpal-berkualitas

Kolam terpal merupakan kolam yang kualitasnya sangat baik tidak membuat ikan keracunan. Banyak orang yang merasa bahwa kolam terpal mahal harganya. Padahal sangat jauh karena memang kita tidak menjual dengan keegoisan. Kita bisa mengedepankan permintaan dari keinginan Anda untuk menjual hasil bisnis ternak dengan harga yang lebih mahal sedikit.

Tentunya kita dibolehkan untuk melakukan bisnis lele dengan kolam tanah atau beton. Tapi proses dari ternak ikan lele yang menggunakan kolam terpal lebih menjanjikan. Jadi jangan ragu untuk melakukan bisnis lele dengan kolam terpal.

Harga Kolam Lele Siap Pakai >> 0857.3001.8282

Bantu kami menjadi lebih baik lagi ya.. silahkan beri rating: