kolam terpal

4 langkah “sukses” ber- ternak ikan lele di kolam terpal

Ternak ikan lele saat ini mulai menjadi trend coba – coba berwirausaha bagi banyak kalangan, mulai mahasiswa sampai karyawan kantoran. Hal ini disebabkan karena mudahnya memulai ternak ikan lele di tahun 2018.

 

Seperti judul artikel diatas kami akan memberikan informasi “4 langkah sukses berternak ikan lele dikolam terpal”

ternak untuk pemula

hasil budidaya lele di kolam terpal

 

Kenapa di kolam terpal? karena tidak di butuhkan banyak biaya untuk membuat kolam terpal dari pada membuat kolam konvesional.

 

Cara Budidaya / Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal

 

Ini adalah rangkuman, hal – hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan;

1. Ukuran kolam terpal persegi panjang sekitar 100 – 500 meter persegi dengan kedalaman 1-1,5 meter.

budidaya lele

Panen ikan lele dumbo

2. Terpal plastik yang dipakai untuk dasar dan dinding sekitar kolam harus terbuat dari bahan plastik yang tebal dan kuat. Jenis terpal plastik untuk kolam terpal ikan ini biasanya tidak mudah rusak meski terendam air dalam jangka waktu kurang lebih 1 sampai 2 tahun.

jual terpal

perbedaan terpal karet dan terpal plastik

3. Perhitungkan ukuran pintu masuk dan keluar air. Jangan lupa memasang filter agar ikan lele tidak ikut keluar masuk kolam saat pergantian air.

kolam-terpal

filter pembuangan air / drain

4. Sesuaikan luas kolam dengan jumlah benih, sehingga ikan lele bisa bebas bergerak.

budidaya ikan tawar

memaksimalkan lele tebar padat

 

Itulah 4 langkah mudah memulai usaha ternak lele di kolam terpal, mudah bukan?

 

( BONUS INFORMASI)

 

Cara Budidaya Gurame Di Kolam Tembok

 

Budidaya gurame di kolam tembok tentunya berbeda dari budidaya lele di kolam terpal. Karena ikan gurame yang berkualitas dihasilkan dari kolam tembok yang bersih, maka perawatan dan kebersihan kolam tembok gurame sangat penting diperhatikan. Agar hasil panen gurame berdaya jual tinggi, berikut ini cara budidaya gurame di kolam tembok:

 

1. Kolam tembok gurame yang layak berukuran 100 – 500 meter persegi dengan kepadatan tebar 20 ekor per meter persegi. Ketinggian air di dalam kolam sekitar 70cm dengan debit air masuk 15-20 liter/menit.

2. Benih ikan gurame sebaiknya benih sebar yang dianjurkan SNI, dengan ukuran 7-15cm per ekor.

3. Pakan gurame yang baik untuk budidaya gurame di kolam tembok adalah pakan yang berunsur herbivora atau pakan hijau-hijauan.

4. Gurame sudah bisa dipanen ketika bobot gurame mencapai 200-300 gram per ekor. Pastikan kolam tembok gurame memiliki kubangan di dasar tengah untuk memudahkan proses panen, atau bisa menggunakan jaring untuk kolam tembok berukuran besar.

Kandungan Gizi Ikan Lele dan Ikan Gurame

 

Budidaya ikan lele dan budidaya ikan gurame untuk dikonsumsi tidak akan pernah kehilangan peminat. Ini karena permintaan akan lele dan gurame terus meningkat setiap tahun. Ikan lele dan ikan gurame juga merupakan kuliner yang banyak diminati karena tinggi kandungan gizinya.

 

Satu porsi ikan gurame mengandung 19% protein, lebih tinggi dibanding kandungan protein ikan nila dan ikan mas. Kadar lemak ikan gurame juga rendah yaitu sekitar 55mg/10gr.  Sementara dalam seporsi ikan lele terdapat 15,6 gram protein, 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Itulah mengapa cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal atau cara budidaya gurame di kolam tembok untuk tujuan konsumsi menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

 

Lele yang biasanya dibudidayakan adalah ikan lele dumbo yang pertumbuhannya sangat cepat, serta ikan lele Sangkuriang yang merupakan hasil perkawinan silang lele jantan F6 dengan induknya sendiri lele betina F2. Kedua jenis lele ini cocok untuk usaha ternak ikan lele kolam terpal di tanah. Hanya saja jika dicermati dari lama pemijahan dan pembesarannya maka terdapat beberapa perbedaan.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.