Mau Sukses Ternak Lele? Untung Rugi Budidaya Ikan Lele ini WAJIB Anda Ketahui!

Bisnis Menggiurkan dari Budidaya Lele

Seperti yang Anda ketahui, ternak ikan lele merupakan salah satu bisnis menggiurkan yang paling banyak dilirik orang. Budidaya ikan lele tidak hanya mudah, melainkan juga menghasilkan omzet hingga ratusan juta rupiah. Bahkan tak sedikit yang mendapatkan angka hingga miliaran rupiah.

lele-burma

Bisnis ikan lele memang tak ada habisnya. Maklum saja, sebagian besar orang Indonesia sangat menyukai lele. Tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan hal ini untuk mendulang rupiah.

Lantas, bagaimana sebenarnya peluang usaha ternak lele? Agar Anda tidak salah melangkah, simak penjelasan di bawah ini.

Peluang Usaha Ternak Lele

Sebenarnya, peluang usaha ternak lele sangat terbuka luas. Hal ini ditandai dari banyaknya cerita sukses peternak lele dari latar belakang yang berbeda. Mulai dari guru SD, mantan peternak ayam, hingga anak muda.

Cerita sukses peternak lele tersebut tidaklah main-main. Pasalnya, pendapatan setiap panen mencapai puluhan juta dengan modal yang terjangkau. Dengan kata lain, bisnis lele dapat memberikan Anda keuntungan yang fantastis.

Nah, sebelum Anda melanjutkan ke langkah selanjutnya, ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan budidaya ikan lele.

Untung Rugi Ternak Lele

Seperti yang Anda ketahui, setiap bisnis tak lepas dari untung rugi, termasuk bisnis budidaya ikan lele. Hal ini bukanlah untuk menakuti Anda, justru sebaliknya, yakni agar Anda mempertimbangkan bisnis ini secara matang.

Adapun untung rugi ternak lele, antara lain sebagai berikut.

Keuntungan

  • Modal kecil
  • Mudah dijalankan
  • Benih lele mudah didapatkan
  • Harga benih lele murah
  • Banyak jenis lele yang dapat dijadikan pilihan
  • Banyak yang menyukai lele
  • Pakan murah
  • Waktu panen lele tergolong cepat
  • Tingkat permintaan tinggi
  • Pangsa pasar luas
  • Harga jual cukup tinggi dan stabil
  • Mudah diolah menjadi makanan lain

Kerugian

  • Faktor cuaca ekstem dapat menyebabkan lele mati
  • Tingkat persaingan tinggi
  • Lele kanibal

Dengan mengetahui untung rugi ternak lele, Anda dapat melakukan antisipasi dini agar kerugian dapat ditekan semaksimal mungkin. Selain itu, Anda pun harus memerhatikan sejumlah poin penting dalam menjalankan usaha ini.

  • Persiapan

Hal pertama yang wajib Anda siapkan adalah kolam ikan. Ada beberapa jenis kolam yang dapat Anda pilih, yakni kolam beton, tanah, dan kolam terpal. Di antara ketiganya, kolam terpal sangat direkomendasikan. Pasalnya, tingkat keberhasilan ternak ikan bioflok lebih tinggi ketimbang dengan metode lainnya.

  • Pemilihan Benih

Yang tak kalah penting dalam ternak lele adalah pemilihan benih. Bahkan bisa dibilang pemilihan benih sangat memengaruhi hasil panen nantinya. Apakah Anda mendapatkan keuntungan berlimpah atau tidak, bergantung dari seberapa baik benih yang Anda gunakan.

Di pasaran terdapat banyak jenis benih ikan lele, mulai dari lele dumbo, lele mutiara, lele jawa, hingga lele sangkuriang. Namun, yang paling banyak dipilih adalah lele mutiara dan lele sangkuriang. Selain rasanya lezat, keduanya tergolong cepat panen.

Proses penebaran benih pun sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Hindari menebarkan benih di siang hari karena dapat menyebabkan stres dan kematian benih ikan.

  • Pemeliharaan

Ada dua hal paling penting dalam pemeliharaan ikan lele, yakni pengelolaan air dan pakan. Sebaiknya, jangan pernah mengganti air kolam sebelum masa panen tiba. Selain itu, pH air harus tetap stabil dan tenang. Jika Anda hendak menambahkan air, lakukan secara bertahap setiap kali pergantian pakan.

Untuk pakan ikan lele sebaiknya diberikan sebanyak 5 hingga 6 kali setiap hari dengan jeda waktu sekitar 3 jam. Mulailah memberi pakan setelah matahari terbit. Hindari memberi pakan saat hujan turun lantaran dapat menyebabkan kesehatan ikan terganggu.

Begini Strategi Pemasaran untuk Pemula

Anda tentu menyadari bahwa bisnis tanpa pemasaran tidak akan menghasilkan keuntungan maksimal? Begitu pula dengan ternak ikan lele. Anda memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis Anda semakin dikenal luas.

strategi pemasaran ikan lele

  • Menawarkan Diri

Jika usaha Anda tergolong baru, tidak ada salahnya untuk menawarkan hasil panen Anda pada kafe, restoran, ataupun pedagang pecel lele.

  • Kerja Sama

Cara lain yang dapat Anda coba adalah melakukan kerja sama. Beberapa pihak yang dapat Anda coba hubungi, di antaranya pengepul, pasar tradisional, hingga supermarket.

Berikan penawaran yang menguntungkan. Namun, pastikan agar kualitas ikan yang Anda hasilkan tetap stabil.

  • Olah Sendiri

Agar Anda mendapatkan keuntungan lebih, cobalah untuk mengolah hasil panen Anda. Misalnya, Anda dapat membukan warung makan kecil yang menawarkan ikan lele sebagai menu utama. Dari lele goreng, lele bakar, hingga lele madu.

Selain itu, Anda pun dapat mengolah lele sebagai camilan lezat nan bergizi, yakni abon dan kerupuk lele. Bayangkan, berapa banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan?

Ternyata, untuk memulai usaha ternak lele sangat mudah bukan? Jika Anda mencari usaha sampingan atau ingin menjadi pengusaha sukses, budidaya ikan lele dapat dijadikan pilihan terbaik. Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan ya!

Bantu kami menjadi lebih baik lagi ya.. silahkan beri rating: