BISA DITIRU! Usaha budidaya Ikan Nila Ini Keren!

BISA DITIRU! Usaha budidaya Ikan Nila Ini Keren!

Cara Memelihara Ikan Nila

Budidaya ikan menjadi salah satu pilihan usaha yang saat ini banyak dipilih oleh masyarakat. Banyak sekali jenis ikan yang bisa dibudidayakan dan salah satunya adalah ikan nila. Ikan nila banyak dipilih untuk dibudidayakan karena perawatannya bisa dikatakan tidak terlalu sulit dan harga jual ikan nila di pasaran juga tergolong tinggi.

Usaha Budidaya Ikan Nila

Banyak orang merasa tergiur untuk membudidayakan ikan nila karena bisa mendapatkan keuntungan besar dan modal yang dibutuhkan juga tergolong ringan. Namun, proses perawatan ikan nila itu sendiri tidaklah mudah. Inilah dia beberapa cara memelihara ikan nila yang baik dan benar :

  1. Gunakan Tempat yang Tepat

Agar ikan nila bisa hidup dengan sehat maka anda perlu mempersiapkan tempat yang tepat. Ikan nila bisa hidup di berbagai tempat seperti kolam terpal, keramba, kolam galian dan lain sebagainya. Sesuaikan tempat pemeliharaan dengan lokasi yang anda miliki. Jika Anda memiliki lahan yang sempit, maka pemilihan kolam terpal bulat menjadi lebih tepat. anda bisa mencari produsen yang jual kolam terpal berkualitas atau anda bisa hubungi customer services kolamterpal.net untuk mendapatkan kolam terpal dengan harga terjangkau.

  1. Kualitas Air

Agar ikan nila dapat hidup dengan sehat maka anda harus memberikan air yang berkualitas. Pastikan air yang digunakan terbebas dari berbagai macam zat berbahaya dan racun. Jangan lupa, gunakan air dengan suhu 25 hingga 30 derajat celcius agar ikan nila dapat hidup dengan baik.

  1. Menebar Bibit Ikan

Setelah menemukan bibit ikan yang berkualitas, anda bisa langsung menebar bibit ikan di kolam yang sudah anda siapkan. Pastikan anda menyesuaikan luas kolam dengan jumlah bibit yang akan ditebar.

  1. Pilihan Makanan

Berikan makanan yang berkualitas agar ikan nila bisa tumbuh dengan baik. Ikan nila merupakan jenis ikan yang tidak pilih-pilih makanan. Jadi, anda bisa memberikan makanan berupa pelet, ampas kelapa, dedak, bahkan anda juga bisa memberikan sisa makanan anda.

  1. Pemberian Vitamin

Bukan hanya manusia, ikan juga butuh vitamin agar bisa tumbuh sehat. Berikan vitamin khusus untuk ikan nila paling tidak setiap satu bulan sekali agar ikan tumbuh sehat.

Itulah beberapa cara untuk memelihara ikan nila dengan baik. Pastikan kebersihan kolam juga selalu terjaga agar ikan nila bisa hidup sehat di habitatnya.

Budidaya ikan nila

Keuntungan Budidaya Ikan Nila

Budidaya ikan nila bisa menjadi pilihan yang sangat menguntungkan. Ikan nila merupakan jenis ikan yang perawatannya tidak ribet, makanannya tidak sulit didapatkan, dan proses pertumbuhannya juga tidak begitu lama.

Selain itu, yang paling penting modal yang dibutuhkan untuk budidaya ikan nila sangat terjangkau.

Bibit ikan nila sangat terjangkau dan mudah sekali untuk didapatkan. Pemeliharaannya juga tergolong mudah dan yang paling penting harga jual ikan nila cukup tinggi. Harga ikan nila per kg bisa mencapai Rp 50.000. Bisa dibayangkan anda akan mendapatkan keuntungan berlimpah dengan melakukan budidaya ikan nila.

Cara Memulai Budidaya Ikan Nila

Hal pertama untuk dipersiapkan untuk memulai usaha budidaya ikan nila tentu saja adalah tempat pemeliharaan ikan nila. Siapkan kolam dengan luas yang cukup dan sesuai dengan bibit ikan nila yang akan anda tebarkan.

Kemudian anda juga harus memiikirkan sumber air yang akan anda pakai untuk memelihara ikan nila.

Setelah itu, pilihlah bibit ikan nila terbaik untuk disebarkan di kolam yang sudah anda siapkan.Agar bibit ikan nila dapat berkembang dengan baik dan bertumbuh dengan sehat maka anda bisa memberikan makanan yang khusus bisa dicerna oleh bibit ikan nila. Jika anda memberikan perawatan terbaik maka hasil panen ikan nila juga akan sangat memuaskan. Selamat melakukan budidaya ikan nila!

Bantu kami menjadi lebih baik lagi ya.. silahkan beri rating: