Belum ada Penilaian

Apa Itu Kolam Terpal ?

Kolam Terpal Adalah sebuah media atau wadah untuk ternak ikan. Kolam terpal mulai populer di kalangan para pembudidaya ikan sekitar tahun 2014/2015 hingga hingga sekarang (Tahun 2021).

Mengapa kolam terpal bisa sepopuler itu hingga saat ini ?

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang membuat media budidaya yg satu ini begitu populer di kalangan para pembudidaya senior.

Tentu tidak mudah membuat sebuah produk yang mampu menarik minat para pembudidaya senior untuk meninggalkan media ternak konvensional.

Namun faktanya, mereka tertarik.

Kelebihan Kolam Terpal

Berikut adalah kelebihan kolam terpal yang mampu menarik perhatian para pembudidaya senior;

1. Tidak Membutuhkan Lahan yang Luas

Untuk memulai budidaya ikan dengan menggunakan kolam terpal, Anda tidak perlu harus memiliki tanah berhektar-hektar.

Kolam terpal berbeda dengan kolam konvensional ( Tambak ). Untuk memulai / belajar budidaya ikan dengan media ini, Anda bisa memanfaatkan lahan di sekitar rumah Anda seperti; garasi, gudang yang sudah tidak terpakai, atau pekarangan rumah.

Apakah itu mungkin? Tentu saja!

Foto dibawah ini adalah beberapa konsumen kami yang memanfaatkan lahan terbatas untuk memulai budidaya ikan di kolam terpal.

Bagaimana? sangat mungkin bukan.

Namun, jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, Anda bisa memulai bisnis budidaya ikan dengan kolam terpal dalam jumlah besar. Seperti halnya beberapa pelanggan kami yang telah serius menggarap bisnis budidaya ikan menggunakan kolam terpal berikut ini:

Kesimpulannya, untuk memulai/belajar budidaya, Anda tidak perlu memiliki lahan yang luas. Anda bisa memulai budidaya cukup memanfaatkan lahan yang tersedia disekitar rumah Anda.

2. Mampu Menampung Ikan Lebih Banyak & Mengurangi Jumlah Kematian Ikan

80% pengguna kolam terpal, yang kebanyakan adalah para pembudidaya senior mengatakan bahwa alasan terbesar mereka beralih ke kolam terpal bulat adalah karena kolam terpal khususnya kolam terpal bulat mampu menampung lebih banyak ikan dan mengurangi jumlah kematian ikan akibat kanibalisme.

Singkatnya, dengan menggunakan kolam terpal kualitas hidup ikan akan semakin tinggi, tentu hal ini juga akan berdampak pada hasil panen yang akan ikut meningkat.

Lalu bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan metode bioflok.

Apa itu Bioflok? akan kami jelaskan setelah membahas kelebihan kolam terpal ini.

3. Perawatan Lebih Mudah dan Praktis

Masalah umum yang dihadapi para petambak konvensional adalah tingginya biaya perawatan termasuk pembersihan kolam tambak setelah panen. Kolam tambak juga membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembersihannya hingga siap digunakan kembali untuk tahap tebar. Inilah mengapa kolam terpal menjadi solusi terbaik bagi para petambak ikan. Cara pembersihannya mudah dan cepat serta tidak membutuhkan banyak proses dalam pembersihannya.

Kolam Terpal Sistem Bioflok

Bioflok adalah kumpulan beberapa organisme yang terdiri dari jamur, bakteri, protozoa, alga, cacing, dll. yang bersatu dalam gumpalan atau yang disebut floc.

Sementara itu, sistem bioflok berarti suatu teknik budidaya ikan dengan menggunakan rekayasa lingkungan yang memanfaatkan ketersediaan oksigen dan mikroorganisme untuk meningkatkan nilai kecernaan pakan.

Dengan menggunakan sistem bioflok padat, tebar ikan akan semakin tinggi, hal ini disebabkan sistem bioflok bisa menghasilkan lebih banyak pakan alami yang berasal dari kumpulan plankton dan mikro organisme dalam flok.

Perpaduan antara sistem bioflok dan kolam terpal menjadi sebuah solusi yang dianggap mampu meningkatkan produktivitas budidaya ikan dibanding dengan menggunakan kolam tambak konvensional sebelumnya.

Jenis Kolam Terpal

Kolam terpal memiliki 2 jenis bentuk yang berbeda, kolam terpal dengan bentuk bulat/bundar dan kolam terpal dengan bentuk kotak/persegi panjang.

Selain bentuk yang berbeda, kedua jenis kolam ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, apa saja kelebihan dan kekurangannya, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Kolam Terpal Bulat

Sesuai dengan namanya, kolam terpal bulat berbentuk bulat dengan diameter 1 hingga 50 meter. Diameter kolam terpal yang digunakan disesuaikan dengan jenis ikan dan target produksi yang ingin dihasilkan dalam satu kali siklus budidaya. Untuk tinggi kolam, umumnya tinggi yang digunakan adalah 1 meter hingga 1.5meter. Meskipun terkadang karena kebutuhan tertentu ada juga kolam bulat yang dibuat dengan tinggi 2 meter, tentunya dengan konstruksi yang berbeda.

Kelebihan Kolam Terpal Bulat

  1. Bisa menampung lebih banyak ikan karena tingkat tebar padat lebih tinggi.
  2. Kolam lebih kokoh karena beban tekanan air merata ke seluruh sisi kolam.
  3. Pembersihan dari limbah kotoran lebih mudah dan cepat.
  4. Menurunkan angka kanibalisme ikan sehingga jumlah kematian ikan menurun. 

Kekurangan Kolam Terpal Bulat

  1. Terlihat membutuhkan lahan lebih luas.
  2. Besi wiremesh membutuhkan ketebalan yang sesuai, minimal M5

Kolam Terpal Persegi/Kotak

Meskipun banyak orang telah beralih ke kolam terpal bulat karena terbukti memiliki tingkat produktivitas yang lebih tinggi, beberapa orang juga masih menggunakan kolam terpal kotak; dengan alasan bahwa kolam kotak bisa memaksimalkan penggunaan lahan yang ada. Padahal, jika kita perhatikan lebih dalam, kolam terpal kotak juga memiliki kekurangan sebagai mana yang dijalaskan dalam beberapa poin berikut:

Kelebihan Kolam Terpal Persegi/kotak

  1. Bisa memaksimalkan penggunaan lahan yang ada.
  2. 1 kolam bisa dibuat menjadi 2 kolam dengan memberi sekat.
  3. Rangka kolam bisa menggunakan bambu.

Kekurangan Kolam Terpal Persegi/kotak

  1. Tingkat kematian akibat kanibalisme ikan tinggi akibat adanya sudut-sudut mati pada kolam.
  2. Kolam terpal kotak kurang kokoh karena tekanan air mengumpul hanya pada sisi-sisi panjang–tidak merata ke segala arah.
  3. Kurang efektif untuk teknik budidaya tebar padat.
  4. Pembuangan limbah lebih sulit.

Nah, itulah penjelasan mengenai kolam terpal yang bisa kami berikan, bila ada pertanyaan bisa langsung tulis di kolom komentar.

Dan bila Anda membutuhkan produk kolam terpal yang berkualitas, langsung saja hubungi kami di nomor 0857-3001-8282 atau klik tombol dibawah ini untuk chat wa dengan admin kami.

Bantu kami menjadi lebih baik lagi. silahkan beri rating:

× Chat Admin disini Gan!