Cara Menemukan Tempat Jual Pakan Berkualitas untuk Budidaya Ikan

Meratakan Sekam untuk Kolam Terpal Bulat Milenial

Cara Menemukan Tempat Jual Pakan Berkualitas untuk Budidaya Ikan – Pakan memiliki peranan penting dalam budidaya ikan. Sebelum memulai bisnis tambak ikan, pastikan Anda sudah mengetahui tempat jual pakan berkualitas untuk budidaya ikan. Dengan begitu, pasokan pakan setiap bulannya tetap terjaga dan proses pembesaran ikan tidak terganggu. 

Selain mencari pakan yang berkualitas, Anda juga perlu mempertimbangkan harga yang sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan. Pasalnya pengeluaran untuk bisnis budidaya ikan paling banyak dialokasikan ke pembelian pakan.

Untuk mengatasinya Anda dapat mengkombinasikan pemberian pakan buatan yang produksi pabrik dengan pakan alami, yang lebih hemat biaya. 

Dengan begitu Anda dapat memilih pakan kualitas terbaik dan tetap dapat berhemat. Itulah mengapa Anda perlu menemukan tempat jual pakan berkualitas untuk membudidayakan ikan. Sebab sudah terjamin mutu barangnya.

Jenis-jenis Pakan untuk Budidaya Ikan 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan dua jenis pakan yaitu pakan alami atau organik dan pakan buatan yang diproduksi pabrik. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk pakan alami jelas harganya lebih murah dan ada pula yang bisa Anda dapatkan langsung dari alam. 

Pakan alami mudah dicerna oleh ikan dan tidak membuat air tambak tercemar, jika jumlahnya normal. Namun kekurangan dari pakan alami yaitu, bisa membawa bibit penyakit pada ikan. Serta tidak bisa mendorong pertumbuhan ikan. Pembesaran ikan juga jadi lambat dan tidak optimal bila hanya mengandalkan pakan alami.

Baca Juga :  Analisa Budidaya Udang Vaname Di Kolam Ukuran 1x2, 2x4, 3x3 yang Tepat

Sedangkan untuk pakan buatan kelebihannya adalah, mempercepat pertumbuhan ikan. Mengurangi potensi ikan terserang penyakit, ukuran tubuh ikan bisa tumbuh seragam, dan mudah didapatkan. 

Anda dapat membelinya kapanpun saat membutuhkan pakan baru. Namun kekurangan dari pakan buatan yaitu, harganya relatif lebih tinggi dibandingkan pakan alami. 

Selain itu, pembudidaya juga perlu melakukan manajemen pakan yang baik dengan memperhatikan Feed Conversion Ratio (FCR). Untuk mencari tahu apakah terjadi pemborosan dalam pemberian pakan atau tidak. 

Karena itulah penting untuk mencari tahu tempat jual pakan berkualitas untuk budidaya ikan, agar mendapatkan pakan terbaik yang bisa mendorong efisiensi pakan.

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis pakan, selanjutnya sangat disarankan untuk mengetahui sejumlah penjelasan tentang jenis-jenis pakan yang umum diberikan pada ikan. 

  • Pakan Alami

Pakan alami yaitu pakan organik yang sumbernya mudah ditemukan di alam bebas. Atau dapat dibeli dengan harga yang murah. Berikut ini jenis-jenis pakan alami:

  • Plankton

Plankton merupakan pakan alami yang dapat tumbuh di dalam kolam tambak. Anda dapat menaburkan pupuk untuk merangsang pertumbuhan plankton. Plankton baik untuk nutrisi ikan karena mengandung sekitar 21-37% protein. 

  • Kutu Air

Kutu air termasuk pakan alami yang umum diberikan pada ikan yang masih berukuran kecil atau bibit. Dalam satu gram kutu air terdapat kandungan protein, lemak, dan karbohidrat. Mudah untuk mendapatkan kutu air, dan harganya murah.

  • Cacing

Jenis cacing untuk pakan ikan yaitu cacing sutra, cacing darah, dan bisa juga cacing tanah. Cacing kaya akan serat, protein, dan lemak. Ketiga cacing memiliki ukuran  yang berbeda, sehingga pemberiannya disesuaikan dengan ukuran tubuh ikan.

  • Ampas Kelapa

Pakan alami alternatif lainnya yaitu ampas kelapa. Pembudidaya dapat mencampurkan ampas kelapa dengan bahan alami untuk dijadikan pakan. Bisa mengurangi pengeluaran budidaya ikan. 

  • Pakan Buatan 

Pakan buatan atau pakan anorganik yaitu pakan hasil produksi pabrik. Di mana kandungan nutrisinya sudah dirancang dan diatur, agar dapat mempercepat pembesaran ikan. Pakan buatan dibedakan dari bentuknya, berikut ini jenis-jenis pakan buatan:

  • Berbentuk Larutan

Pakan ikan berbentuk larutan diberikan untuk ikan yang masih berukuran kecil atau larva. Pakan larutan dipilih karena ukuran mulut ikan yang masih sangat kecil, sehingga hanya makanan berupa larutan yang dapat mereka konsumsi. Pakan larutan pun terbagi lagi menjadi dua yaitu bentuk emulsi dan suspensi.

  • Berbentuk Tepung

Setelah ukuran ikan lebih besar atau menjadi anakan ikan, bentuk pakan yang diberikan lebih padat. Namun masih berupa tepung halus agar mudah dicerna. Pakan bentuk tepung diberikan pada ikan berumur 2 sampai 40 hari. 

  • Berbentuk Butiran

Pakan dengan bentuk butiran atau granule merupakan pakan yang diberikan kepada ikan usia remaja hingga dewasa. Bentuknya tentu lebih padat. Jenis pakan buatan bentuk granula inilah yang paling sering kita temukan di pasaran. 

  • Pelet Terapung 

Pelet akan terapung di permukaan air saat ditebar. Kelebihannya, pembudidaya dapat mengontrol sisa pakan di kolam. Cocok untuk jenis ikan yang pergerakannya lebih dekat ke permukaan air. 

  • Pelet Tenggelam

Kebalikan dari pelet terapung, pelet jenis ini akan tenggelam ke dasar kolam saat ditebar. Pelet tenggelam cocok untuk ikan  dewasa yang mempunyai ukuran relatif sedang  atau ikan yang hampir panen. Namun pembudidaya akan kesulitan mengecek sisa pakan, oleh karena itu pemberian pelet tenggelam harus disesuaikan 

Baca Juga :  Penjual Kolam Terpal di Boyolali, Ini Spesifikasinya

Penjelasan Dari Dinas terkait Mengenai pakan Ikan Via Video

Sumber : Dinas Perikanan Kota Tegal

Cara Menemukan Tempat Jual Pakan Berkualitas untuk Budidaya Ikan

Bagaimana cara menemukan pakan berkualitas? Setidaknya ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pakan buatan untuk budidaya ikan. Yaitu membelinya langsung ke pabrik, melalui agen, atau memesannya secara online. Berikut ini penjelasannya:

  • Membeli Langsung ke Pabrik

Anda dapat membeli pakan langsung ke pabrik. Terutama jika Anda membeli dalam jumlah cukup banyak. Serta lokasi  bisnis budidaya Anda dekat dengan pabrik pakan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pakan berkualitas dan harganya jauh lebih murah.

  • Membeli di Agen atau Supplier Pakan

Agen atau supplier bisa jadi tempat jual pakan berkualitas untuk budidaya ikan. Karena Anda memiliki lebih banyak pilihan produk pakan. Anda dapat membandingkan kualitas dan harga pakan. Juga mencari sesuai dengan jenis ikan yang dibudidayakan.

  • Membeli secara Online

Lebih praktis bila Anda memesannya secara online, melalui marketplace atau toko online yang khusus menjual produk dan perlengkapan budidaya ikan. Anda bisa mendapatkan produk yang berkualitas. 

Tips Memilih Pakan Berkualitas 

Sebelum mendapatkan tempat jual pakan berkualitas untuk budidaya ikan, perhatikan beberapa hal di bawah ini. Supaya Anda bisa mendapatkan pakan yang tepat: 

  • Perhatikan Gizi

Pilih pakan buatan yang lengkap kandungan gizinya, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ikan. Ikan juga memerlukan protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan juga mineral. Jadi pastikan dulu kandungan gizi dari pakan yang akan dibeli

  • Perhatikan Kesesuaian 

Pilih jenis pakan yang sesuai dengan ukuran, umur, dan bukaan mulut pada ikan. Misalnya untuk bibit ikan Anda membeli pakan larutan, sedangkan ikan dewasa diberikan pelet.

  • Perhatikan Kandungan Zat

Pastikan pakan tidak mengandung unsur zat berbahaya, serta pastikan juga batas kadaluarsanya masih lama

Baca Juga :  Jual Kolam Terpal di Mungkid, Ini Detailnya

  • Perhatikan Harga

Pilih pakan dengan harga yang relatif murah dan mudah diperoleh. Tanpa melewatkan pertimbangan terkait mutu pakan. 

  • Perhatikan Kemudahan Perolehan

Lebih baik pilih pakan buatan yang mudah diperoleh. Artinya tidak ada hambatan terlalu besar dari segi pengiriman logistic kedepannya. Agar pemberian pakan tidak terhambat

Temukan Tempat Jual Pakan Ikan Berkualitas!

Menemukan tempat jual pakan berkualitas untuk budidaya ikan akan sangat membantu  operasional di kolam tambak. Sebab, pakan sangat mempengaruhi keberhasilan budidaya ikan. Nah, mulai sekarang berikan pakan dengan mutu terbaik dan percayakan budidaya ikan pada kolamterpal.net!

Paket budidaya lengkap

Konsultasi Pembangunan dan Budidaya

Apabila membutuhkan pelayanan konsultasi untuk pembangunan kolam dan budidaya kami team kolamterpal.net siap membantu setiap kebutuhan konsumen kami dengan sepenuh hati, klik dibawah ini untuk konsultasi secara gratis dengan admin kami.