4 Contoh Proposal Budidaya Ikan

4 Contoh Proposal Budidaya Ikan

Anda ingin membuat proposal yang benar untuk tujuan pengajuan dana untuk budidaya ikan air tawar untuk organisasi atau perorangan? Tak perlu bingung, kolamterpal.net akan memberikan contoh proposal tentang budidaya ikan pada kesempatan kali ini. 

Contoh proposal budidaya ikan ini dibuat khusus untuk Anda yang merupakan calon pengusaha budidaya ikan dan sedang mencari referensi dalam membuat contoh proposal. Maka dari itu, jangan ragu untuk melihat contoh konsep budidaya ikan di bawah ini.

Apa itu Proposal Usaha

Penawaran tertulis dari penjual ke sponsor potensial disebut sebagai istilah proposisi bisnis. Ketika pelanggan mempertimbangkan faktor selain harga saat melakukan pembelian, proposal bisnis sering kali menjadi fase penting dalam proses penjualan atau usaha. 

Proposal adalah tulisan ilmiah ketika seseorang mengajukan permohonan izin atau dana kepada instansi bahwa proyek yang mereka ajukan siap mendapat persetujuan orang lain dari tindakan.

Sebuah proposal menginformasikan pelanggan tentang kapasitas penjual untuk memenuhi permintaan mereka sementara juga menempatkan persyaratan pembeli dalam konteks yang menguntungkan barang dan jasa penjual.

Sedangkan pada pengembangan usaha budidaya ikan, contoh proposal budidaya ikan yang bagus dan sesuai adalah dengan mencantumkan hasil kira-kira usaha ini. Nantinya dengan anggaran biaya sedemikian rupa, proposal bisnis Anda dapat dengan mudah mendapat approval dari pihak yang Anda serahi proposal.

Mengapa Harus Membuat Proposal

Karena proposal untuk budidaya ikan yang merupakan rancangan kegiatan yang direncanakan akan mempermudah pengajuan izin pelaksanaan atau bantuan dana.

Baca Juga :  Jual Kolam Terpal di Situbondo, Berikut Rinciannya

Proposal itu sendiri digambarkan sebagai rencana kerja, anggaran dana yang membahas teknis pelaksanaan usaha secara metodis, formal, dan tepat.

Dengan mengajukan proposal yang baik dan benar ke misal pihak sponsor, ke dinas pemerintahan seperti ke Dinas Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia, ataupun perusahaan lainnya bisa mempercepat disetujuinya ide bisnis Kita.

Contoh Proposal Budidaya Ikan

Salah satu contoh proposal untuk usaha ini adalah dari mahasiswa jurusan sistem pertanian membuat satu contoh proposal budidaya ikan dari kelompok tani lele untuk menyelesaikan proyek kelompok dan individu untuk sampai pada tujuan proposal.

Proposal Usaha Budidaya Ikan lele

Gambar budidaya Ikan lele
Ikan Lele – Credit : Antaranews

Mungkin kerangka proposal dibawah ini terlihat seperti proposal pada umumnya. Namun jika Anda ingin membuka usaha budidaya lele, beberapa hal seperti acuan teknis usaha wajib diperhatikan isi dan maksudnya.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

1.2 Tujuan

1.3 Prospek

BAB II

ACUAN TEKNIS USAHA

2.1  Persyaratan Lokasi

2.2  Pemeliharaan Pembesaran

2.3  Panen

2.4  Pembersihan

BAB III

RANCANGAN USAHA

3.1  Lokasi usaha

3.2  Sarana dan Prasarana

3.3  Manajemen

BAB IV

ANGGARAN BIAYA

4.1 Biaya Produksi

4.2 Alur Pengembangan Usaha 

4.3 Kesimpulan

Contoh Proposal Usaha Budidaya Ikan Nila

Salah satu ikan air tawar yang seringkali dikonsumsi adalah ikan nila (Oreochromis niloticus). Ikan nila memiliki bentuk tubuh memanjang, pipih, dan berwarna putih kehitaman. Sungai Nil dan danau di dekatnya menjadi sumber ikan nila. 

Kini, ikan ini telah merambah ke negara-negara dengan iklim tropis dan subtropis di lima benua. Sebaliknya, nila tidak dapat bertahan hidup di suhu dingin. Karena susahnya merawat ikan nila inilah beberapa poin pada kerangka proposal pembudidayaan ikan nila wajib Anda perhatikan dengan seksama:

  1. Informasi Umum Organisasi
  2. Syarat Pernyataan
  3. Informasi Umum Program Proposal
    1. Latar belakang
    2. Wilayah
    3. Tujuan
  4. Rencana Anggaran Biaya
  5. Tenaga Pelaksana
  6. Penutup
Baca Juga :  Penjual Kolam Terpal di Bojonegoro, Berikut Informasinya

Proposal Usaha Budidaya Ikan Gabus

Gambar ikan gabus
Ikan Gabus – credit klikdokter

Seperti contoh proposal budidaya ikan lainnya, ikan gabus ini juga memiliki point penting seperti analisis swot, biaya dan lokasi. 

  • RINGKASAN

Untuk menjawab kebutuhan pasar di wilayah X, kami memberanikan diri memasuki industri ikan gabus yang bergerak di bidang pemasaran ikan air tawar, mengingat permintaan pasar yang terus meningkat serta pasokan dari nelayan yang masih relatif murah.

Dalam memulai usaha berbasis budidaya ini diharapkan mampu menopang ekonomi keluarga dan pekerja yang juga mendapat kompensasi yang baik. Sumber daya manusia di bidang manajemen, pengembangan, dan teknis, seperti pembiakan, pemeliharaan, dan pemasaran, tersedia untuk perusahaan ini.

  • ANALISIS SWOT BUDIDAYA IKAN GABUS
  • BAB I
    • PENDAHULUAN
  • BAB II
    • TARGET DAN LUARAN
  • BAB III
    • METODE PELAKSANAAN
  • BAB IV
    • BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
  • LAMPIRAN 

Proposal Usaha Budidaya Ikan Hias

Ikan air tawar yang dikenal sebagai ikan cupang (Betta sp.) merupakan ikan asli dari sejumlah negara Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk dan kepribadian yang khas. Mungkin agresif ketika melindungi wilayahnya dan populer sebagai ikan hias karena bentuk tubuhnya yang indah. 

Di karenakan jenis ikan hias yang biasanya sering diimpor ini, proposal yang harus Anda buat tentunya lebih detil dengan mencantumkan jenis ikan hias apa yang ingin Anda budidayakan.

BAB 1. PENDAHULUAN

1.2  Tujuan

1.3. Manfaat

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Klasifikasi Ikan Cupang

2.2 Jenis Cupang

2.3 Budidaya Ikan cupang

BAB 3. METEDOLOGI

3.1. Alat dan Bahan

3.2. Langkah Kerja

3.3. Analisis Usaha

BAB 4 Penutup

Itulah contoh proposal budidaya ikan yang komprehensif untuk peternakan ikan. Setelah ide dasar ditentukan, dalam hal ini kerangka proposal, bisa membantu Anda dalam memulai bisnis dan usaha budidaya ikan lainnya. Setelah proposal disetujui, saatnya Anda memikirkan tentang tempat dan bagaimana usaha Anda dapat berjalan dengan lancar. 

Baca Juga :  Distributor Kolam Terpal di Jombang, Berikut Ulasannya

Dengan menggunakan terpal kolam berbahan premium dari Kolamterpal.net Anda bisa berbudidaya ikan tanpa rasa khawatir. Konsultasi gratis melalui Whatsapp dengan admin  Kolamterpal.net dengan nomor 0857-3001-8282 (klik nomor secara langsung diarahkan ke aplikasi whatsapap).

Credit image : unsplash.com

Paket budidaya lengkap

Konsultasi Pembangunan dan Budidaya

Apabila membutuhkan pelayanan konsultasi untuk pembangunan kolam dan budidaya kami team kolamterpal.net siap membantu setiap kebutuhan konsumen kami dengan sepenuh hati, klik dibawah ini untuk konsultasi secara gratis dengan admin kami.