Jenis dan Spesifikasi Kolam Terpal yang Digunakan untuk Budidaya Udang Vaname

Jenis dan Spesifikasi Kolam Terpal yang Digunakan untuk Budidaya Udang Vaname – Budidaya udang vaname memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Bahkan kini budidaya tersebut bisa dilakukan dalam skala rumahan menggunakan kolam terpal. Lalu, seperti apa spesifikasi kolam terpal yang digunakan untuk budidaya udang vaname ini? 

Mari kenali lebih dekat bagaimana spesifikasi kolamnya dan seperti apa teknik budidaya yang bisa Anda terapkan. 

Spesifikasi Kolam Terpal yang Digunakan untuk Budidaya Udang Vaname 

Kolam terpal ini bukanlah produk yang asing lagi di kalangan petani ikan. Sudah ada banyak pelaku budidaya ikan dan udang yang menggunakan kolam terpal sebagai media. Tentunya ukuran kolam terpal yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan budidaya udang itu sendiri, khususnya untuk jenis udang vaname. 

Spesifikasi kolam terpal yang digunakan untuk budidaya udang vaname ini sebenarnya cukup bervariasi. Mari lihat dulu ukurannya, kolam terpal dengan ukuran 6 x 11,5 m2 dianggap sudah sangat memadai untuk budidaya udang vaname. Sementara itu untuk kedalamannya dibutuhkan kolam sedalam 1,2 m. 

Melihat ukuran kolam dan kedalamannya tadi, kira-kira berapa banyak jumlah udang yang bisa dibudidayakan? Dari ukuran kolam tersebut, petani udang bisa melakukan pembenihan 50 ekor per marea kolam. Kurang lebih total udang yang bisa dibudidayakan dalam kolam terpal dengan luas dan kedalaman tersebut adalah 3.500 ekor. 

Apa Sebenarnya Udang Vaname Itu?

Jenis udang yang bisa dibudidayakan sebenarnya sangat beragam namun udang vaname ini menjadi salah satu varian yang sangat populer. Jenis udang ini dinyatakan sebagai varietas unggul dan bisa meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan para petani ikan. Jenis udang ini mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan bersuhu rendah dan tingkat keberlangsungan hidupnya cukup tinggi. 

Baca Juga :  Jasa Kolam Terpal di Ungaran, Ini Spesifikasinya

Ada banyak keunggulan dari jenis udang yang satu ini. Selain lebih mudah hidup dan dibudidayakan, udang jenis ini juga memiliki ukuran yang cenderung besar. Bahkan pertumbuhannya terbilang cepat. Jenis udang ini memiliki warna putih dan kulit luarnya cenderung tipis. Hal inilah yang membuat jenis udang ini cukup banyak diminati dan sering dikonsumsi. 

Kelebihan Budidaya Udang Vaname dengan Kolam Terpal

Kini udang vaname dapat dibudidayakan dalam kolam terpal skala rumahan. Jika sebelumnya budidaya udang membutuhkan area yang luas, kini ada solusi praktis untuk mengakali keterbatasan lahan. Petani udang bisa membudidayakan udang jenis ini di rumah dengan lahan terbatas menggunakan kolam terpal. Berikut adalah beberapa kelebihan dari kolam terpal:

  • Fleksibel dari Segi Ukuran

Kolam terpal merupakan jenis kolam yang terbuat dari kain terpal dan ukurannya sangat fleksibel. Lebih mudah untuk disesuaikan dengan ketersediaan lahan di rumah. Selain digunakan untuk budidaya udang vaname, kolam terpal ini juga banyak digunakan untuk budidaya jenis ikan lainnya. Mulai dari ikan lele, ikan nila, dan masih banyak lagi. 

Melihat nilai penjualan udang vaname yang begitu tinggi di pasaran, para petani ikan tertarik untuk mulai membudidayakannya. Apalagi sekarang sudah ada kolam terpal yang memungkinkan proses budidaya bisa dilakukan di rumah walau lahannya terbatas. Spesifikasi kolam terpal yang digunakan untuk budidaya udang vaname sebenarnya sama saja seperti produk budidaya lainnya seperti ikan lele. 

  • Biaya Lebih Terjangkau

Selain bisa menyesuaikan ukuran lahan, jenis kolam ini membutuhkan biaya yang jauh lebih terjangkau daripada pembuatan kolam beton. Jadi bisa dikatakan jauh lebih praktis untuk dijadikan tempat budidaya udang vaname. Sangat memudahkan para petani udang terutama yang memiliki modal terbatas untuk memulai budidaya. Biayanya jauh lebih ekonomis tapi hasilnya tetap sama bagus. 

  • Lebih Praktis

Kolam terpal ini sangat praktis untuk digunakan dalam proses budidaya udang vaname. Dikatakan praktis karena pembuatan kolam terpal lebih mudah dan tidak membutuhkan tenaga tukang yang banyak. Selain itu, proses pembuatannya juga jauh lebih singkat, tidak membutuhkan waktu yang lama. Tidak heran jika jenis kolam ini benar-benar meningkatkan efektivitas proses budidaya udang. 

Baca Juga :  Pembuatan Kolam Terpal di Sukabumi Lengkap

Langkah Budidaya Udang Vaname dengan Kolam Terpal

Setelah memahami spesifikasi kolam terpal yang digunakan untuk budidaya udang vaname ini, mari lihat bagaimana cara budidayanya. Sebagai salah satu produk yang laris manis di pasaran, ternyata proses budidaya udang vaname itu sendiri terbilang mudah. Berikut adalah langkah-langkah budidaya udang vaname menggunakan kolam terpal:

  • Persiapan Lokasi

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin memulai budidaya udang vaname memakai kolam terpal adalah persiapan lokasi. Tentukan dulu dimana kolam terpal akan dibangun. Bersihkan area yang akan dipasangi kolam terpal supaya lebih leluasa. Ukurannya harus diperhatikan supaya bisa menyesuaikan ukuran kolam. 

Selanjutnya petani udang bisa mulai mempersiapkan kolam terpal yang akan dipakai. Pilih jenis kolam terpal yang berkualitas dan pastikan ukurannya tepat. Spesifikasi kolam terpal yang digunakan untuk budidaya udang vaname yang sudah disebutkan tadi bisa dijadikan acuan. 

  • Pengisian Air Kolam

Jika lahan dan kolam terpal sudah siap maka bisa langsung dilakukan pengisian air. Tentunya pengisian air ini perlu diperhatikan dengan baik. Jika kolam sudah diisi air, jangan langsung diisi bibit udang, diamkan dulu selama 1 sampai 2 minggu untuk menghilangkan bau karet dari terpal. Selanjutnya air bisa dibuang lalu diisi lagi dengan air tawar baru yang bersih. 

  • Proses Fermentasi Air Kolam

Ini merupakan salah satu tahap penting yang akan meningkatkan keberhasilan budidaya udang vaname di kolam terpal. Lakukan fermentasi air kolam sebelum dilakukan penebaran bibit. Fermentasi ini dilakukan dengan probiotik yang akan membantu meningkatkan kualitas hidup udang setelah ditebar ke kolam nanti. Jenis dan Spesifikasi Kolam Terpal yang Digunakan untuk Budidaya Udang Vaname, berikut ini contoh Photo gallery kami yang kami sediakan di kanal youtube kami

  • Pemilihan dan Penebaran Bibit

Selanjutnya dilakukan pemilihan bibit unggul udang vaname. Udang jenis ini memang memiliki kualitas yang bagus namun pemilihan bibit tetap harus dilakukan. Pastikan bibit udang vaname yang akan ditebar punya ukuran yang seragam. Jika kualitas bibit yang ditebar bagus maka pertumbuhan dan hasil panennya juga pasti memuaskan. 

Baca Juga :  Jasa Kolam Terpal di Pekalongan, Ini Spesifikasinya

Setelah dipilih bibit udang vaname yang unggul maka bisa segera dilakukan penebaran bibit. Proses penebaran bibit ini harus dilakukan melawan arus. Tujuannya adalah agar tidak terdapat cacat atau luka pada tubuh udang vaname. Proses pembibitan ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Sangat disarankan untuk melakukan penebaran bibit di sore hari agar sinar matahari tidak terlalu menyengat. 

  • Pemberian Pakan

Langkah berikutnya adalah pemberian pakan. Setelah bibit udang disebar maka harus diberi makan supaya bisa tumbuh dengan baik. Dalam waktu 7 hari setelah bibit udang ditebar di kolam, petani udang bisa memberikan protein tinggi. Biasanya kadar protein adalah 30% dari takaran pakan yang dipakai. Pakan ini dapat diberikan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. 

Rekomendasi spesifikasi kolam terpal yang digunakan untuk budidaya udang vaname tadi bisa dijadikan acuan. Sementara itu untuk ketebalan terpal memang standar sesuai dengan jenis terpal yang beredar di pasaran. Perhatikan juga kerangka kolam yang digunakan, pastikan cukup kuat untuk menampung air sesuai dengan kedalaman dan luas kolamnya. 

Jika Ingin Membuat Budidaya Udang Vaname Memakai Kolam Terpal

Apabila kalian ingin membuat udang vaname menggunakan kolam terpal, kalian bisa menghubungi kami, karena kami akan memberikan konsultasi terslebih dahulu sebelum membuatkan budidaya udang vaname menggunakan kolam terpal, perlu kalian ketahui udang vaname ini memilki niai ekonomi tinggi karena banyak sekali permintaan dari luar negeri untuk kebutuhan pasar udang vaname, kalian bisa hubungi admin jika membutuhkan konsultasi dari kami.

Paket budidaya lengkap

Konsultasi Pembangunan dan Budidaya

Apabila membutuhkan pelayanan konsultasi untuk pembangunan kolam dan budidaya kami team kolamterpal.net siap membantu setiap kebutuhan konsumen kami dengan sepenuh hati, klik dibawah ini untuk konsultasi secara gratis dengan admin kami.