Modal Untuk Membangun 1 Kolam Terpal Ikan Gurame, Berapa?

Modal Untuk Membangun 1 Kolam Terpal Ikan Gurame, Berapa? – Dalam memulai bisnis, hal yang pertama kali dipikirkan adalah lahan. Apalagi berbicara tentang bisnis budidaya ikan Gurame, maka dibutuhkan rancangan pembangunan tempat ikan Gurame berkembang biak. 

Kolam adalah media yang digunakan bagi ikan Gurame berkembang alias hidup, maka para pebisnis harus memikirkannya. Kali ini akan dijabarkan tentang modal untuk membangun 1 kolam terpal.

Ketika hendak membangun kolam terpal, rencanakan terlebih dahulu mengenai kolam yang akan dibuat, tata letaknya hingga bagaimana ukurannya. Prinsip dasar saat hendak membuat kolam terpal adalah kolam ini harus bisa mendapat aliran air yang baru, jangan sampai mendapat air bekas dari kolam lain. 

5 Jenis Kolam Dalam Budidaya Ikan Gurame

Pembuatan kolam terpal menjadi tolok ukur keberhasilan budidaya ikan Gurame ini. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan 5 jenis kolam saat ingin membudidayakan ikan Gurame:

  • Kolam Perawatan Indukan Ikan Gurame

Kolam perawatan induk ini memiliki kegunaan untuk mempersiapkan kematangan telur dan juga memelihara kesehatan induk ikan Gurame. Kolam ini memiliki kepadatan yang berisi 20 ekor betina dan 10 ekor jantan. Sehingga design kolam berkisar seluas 10 m² dan kedalaman minimum 50 cm. 

Jumlah indukan baik betina dan jantan perlu dipertimbangkan pula, ada beberapa petani yang menggunakan perbandingan 1:3 yakni satu induk jantan ada 3 induk betina. Sesuaikan dengan ukuran kolam yang hendak digunakan.

Baca Juga :  Jasa Pembuatan Kolam Terpal, Tambak dan Budidaya Di Lamongan

Pemberian pakan yang tepat dan berkualitas juga sangat menunjang keberhasilan dalam proses indukan ini.

  • Kolam Pemijahan

Luas sekitar 200-300 m² adalah ukuran yang dibutuhkan di dalam kolam pemijahan ini. Sebab di dalam kolam pemijahan, untuk setiap ekor ikan dewasa Anda harus memperisapkan kolam dengan luas 2 sampai 10 m². Suhu kolam yang idealnya adalah 24-28º C serta kedalamannya 75-100 cm.

Anda harus memberikan pasir pada dasar kolam. Berikan juga sarana penempel seperti ijuk/ranting. Letakkan pada permukaan serta kedalaman 10 cm yang dekat dengan sosog tempat penyimpanan sarang.

  • Kolam Pemeliharaan Benih Ikan Gurame

Ukuran kolam adalah 50 hingga 100 m², kemudian untuk  kedalaman airnya sekitar 30-50 cm. Ditambah kepadatan kolamnya yang baik adalah disarankan 5 hingga 50 ekor/m².  Dalam kolam pendederan ini benih akan dipelihara sekitar 3-4 minggu dengan ukuran 3 sampai 5 cm.

  • Kolam Proses Pembesaran

Lanjutan dari pemeliharan benih maka kolam pembesaran adalah tempat yang berfungsi sebagai pemeliharaan dan pembesaran benih. Di dalam kolam ini dibutuhkan beberapa kolam jaring yang digunakan benih Gurame tahap awal.

  • Kolam Pemberokan

Kolam terakhir yang wajib disiapkan sebelum ikan dipasarkan. Kolam pemberokan ini berfungsi sebagai penetralisir ikan dari berbagai kotoran dan juga lumpur. Tidak ada spesifikasi ukuran pada kolam ini, catatan pentingnya adalah bahwa kolam pemberokan ini harus nyaman bagi ikan Gurame hilir mudik. 

3 Komponen Kolam Ikan

Selain mempersiapkan modal untuk membangun 1 kolam terpal, ada hal lain yang harus juga diperhatikan. Sebab di dalam sebuah kolam ikan Gurame, terdapat beberapa komponen yang harus dimiliki, yakni:

  • Saluran Air (Bagian Pemasukan)

Saluran air ini dibutuhkan agar kolam ikan Gurame tidak kering dan bisa merehabilitasi kualitas air yang berada di dalam kolam. Jika air yang berada di kolam sudah tidak baik, maka wajib untuk diganti baik sebagian maupun seluruhnya. Saluran air ini terletak lebih tinggi dari bibir kolam ikan Gurame.

  • Saluran Air (Bagian Pengeluaran)

Perlu adanya inisiatif membuat saluran air yang berguna untuk mengontrol ketinggian air di dalam kolam. Hal ini diperlukan agar air kolam tetap stabil. Dalam pembuatan saluran pengeluaran air ini harus diperhatikan lebarnya. 

Baca Juga :  Kolamterpal.net Dapat Telpon dari keluarga Presiden Joko Widodo : Kirim 12 Unit D3 ke Karanganyar!

Ukuran yang pas (tidak terlalu besar atau kecil) agar tidak terjadi risiko seperti luapan air kolam bahkan pengikisan dinding kolam ikan.

  • Pintu Pemasukan dan Pembuangan Air

Untuk menunjang budidaya ikan Gurame ini, perlu dibuatkan sebuah pintu saluran. Dua pintu saluran pastinya, yang pertama ditujukan saat pemasukan air, pintu ini digunakan sebagai pemasok air dan digunakan pula sebagai tempat menjaring dari masuknya binatang liar ke dalam kolam.

Yang kedua ditujukan saat pengeluaran air, jangan sampai saat air keluar, ikan Gurame pun ikut keluar. Sehingga pintu ini berfungsi sebagai tempat penjagaan. Hal penting yang menjadi catatan pebisnis pemula adala modal. Mari kita hitung berapa modal untuk membangun 1 kolam terpal.

Modal Untuk Membangun 1 Kolam Terpal Ikan Gurame

Sebelum memulai membangun sebuah kolam budidaya ikan Gurame, hal yang perlu diperhitungkan adalah biaya pembuatan kolam ikan Gurame itu sendiri. Biaya atau modal pembuatan 1 kolam terpal pastilah harus disesuaikan dengan rancangan dari awal. Berikut adalah contoh rancangan 1 kolam terpal ikan Gurame yang berukuran 4,5 m x 1,3 m x 1 m jangan lupa lakukan mapping sebelum pembuatan.

Berikut perkiraan modal untuk membangun 1 kolam terpal ikan Gurame, namun perlu diperhatikan dan dicatat bahwa di setiap daerah memiliki rata-rata harga yang berbeda, sehingga tidak bisa disamakan seratus persen.

  • Pasir 3 pickup kecil @ Rp 188.000,- = Rp 564.000,-
  • Semen 50 Kg atau 7 sak @ Rp 67.000,- = Rp 469.000,-
  • Batako 160 buah @ Rp 3.000,- = Rp 480.000,-
  • Besi ukuran 6 sebanyak 4 buah @ Rp 14.000,- = Rp 56.000,-
  • Begel (cincin besi beton) 3 Kg @ Rp 12.750,- = Rp 38.250,-
  • Paralon untuk pembuangan 2 dim berjumlah 1 buah @ Rp 35.000,- = Rp 35.000,-
  • Siku paralon berjumlah 2 buah @ Rp 8.000,- = Rp 16.000,-
  • Terpal 1 buah @ Rp 210.000,- = Rp 210.000,-
Baca Juga :  Jasa Kolam Terpal di Bandung Lengkap

Jadi, jumlah perkiraan modal untuk membangun 1 kolam terpal ikan Gurame dengan ukuran 4,5 m x 1,3 m x 1 m adalah sebesar Rp 1.868.250. Selain modal untuk bahan baku kolam ikan, ada pula modal yang harus disiapkan oleh para pebisnis ini yakni biaya tukang yang hendak mengerjakannya. 

Analisis modal yang harus disiapkan dalam pengerjaan membangun 1 kolam terpal ikan Gurame untuk 2 orang tukang dalam kurun waktu 10 hari pengerjaan.

  • Biaya tukang : Rp 125.000,- (2 orang/hari) x 10 hari = Rp 2.500.000,- 
  • Biaya konsumsi : Rp 25.000,- (2 orang/hari) x 10 hari = Rp 500.000,-
  • Biaya konsumsi tambahan:  Rp 7.000,- (2 orang /hari) x 10 hari = Rp 140.000,-

Jadi untuk total modal tukang adalah sebesar = Rp 3.140.000,-

Lalu untuk total modal keseluruhan = Rp 1.868.250,- + Rp 3.140.000,- = Rp 5.008.250,-. Sehingga dapat diketahui, jumlah modal untuk membangun 1 kolam terpal ikan Gurame adalah  Rp 5.008.250,-. Menarik bukan? Selamat memulai bisnis dan semangat mencoba!

Kami menyediakan Paket Usaha Budidaya – Modal Untuk Membangun 1 Kolam Terpal Ikan Gurame

Berikut ini apabila kalian ingin membuat usaha tanpa ribet, kami telah memberikan paket usaha untuk konsumen kami, berikut ini paket usaha yang kami tawarkan lengkap.

Konsultasi Pembangunan dan Budidaya

Apabila membutuhkan pelayanan konsultasi untuk pembangunan kolam dan budidaya kami team kolamterpal.net siap membantu setiap kebutuhan konsumen kami dengan sepenuh hati, klik dibawah ini untuk konsultasi secara gratis dengan admin kami.