Fakta! Ini 10 Pakan Ikan Nila agar Cepat Panen

Inilah 10 Pakan Ikan Nila agar Cepat Besar dan Cepat Panen

Banyak orang yang kian tertarik dengan budidaya ikan nila karena memberikan keuntungan yang lebih besar. Pakan ikan nila menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin mendapatkan profit berlipat ganda. Ikan yang hidup di air tawar ini sering diolah dan dikonsumsi karena memiliki cita rasa yang lezat.

Banyaknya permintaan pasar membuat usaha ini memiliki peluang yang besar dalam mendatangkan keuntungan. Bahkan, beberapa peternak ikan lebih memilih ikan nla karena bisa tumbuh lebih cepat dan besar sehingga sering melakukan panen. Ikan nila biasanya akan dipanen dalam kurun waktu 4-6 bulan dari pendederan.

Untuk bisa mendapatkan ikan nila yang besar dengan cepat dan bernutrisi, maka Anda harus memperhatikan makanan ikan nila yang diberikan. Terdapat beberapa pakan yang bisa Anda pilih agar ikan nila cepat besar.

10 Pakan Ikan Nila Agar Cepat Besar dan Panen

1. Daun talas

Makanan alami ikan nilai ini bisa Anda pilih jika ingin segera memanennya. Sudah banyak peternak ikan yang menggunakan daun talas sebagai makanan ikan nila supaya cepat besar. Selain berkhasiat, pemberian daun talas sebagai makanannya juga bisa menghemat biaya. Tujuan lainnya adalah mencegah ikan nilai agar tidak ketergantungan pada pakan buatan, seperti pelet di mana harganya lebih mahal.

2. Kangkung

Bukan hanya daun talas, kangkung juga bisa diberikan sebagai pakan ikan nila organik. Biasanya, kangkung akan dipotong kecil-kecil terlebih dulu agar ikan bisa memakannya dengan mudah. Tapi, ada juga yang justru menanam kangkung pada kolam agar ikan bisa langsung memakannya kapan saja.

3. Dedak

Dedak menjadi makanan yang tepat bagi ikan nila kecil agar cepat besar. Hal ini dikarenakan dedak memiliki ukuran yang kecil sehingga pas dengan ukuran mulut ikan nila yang masih kecil. Banyak peternak ikan yang memilih dedak sebagai makanan alternatif karena kaya akan karbohidrat yang baik untuk pertumbuhan ikan. Harga pakanyang cukup terjangkau juga menjadi alasan para peternak memilih dedak.

4. Sisa nasi

Inilah pakanyang mudah dijumpai karena merupakan sampah rumah tangga. Sayang, rasanya jika menyisakan nasi. Tapi, dengan sisa nasi inilah Anda bisa memberikannya sebagai pakan. Kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi mampu mempercepat pertumbuhan ikan. Apalagi jika Anda mencampurkannya dengan dedak.

5. Lumut

Lumut sering dijadikan pakan untuk berbagai jenis ikan karena mengandung banyak protein. Bukan saja untuk pakanalami, lumut juga sering digunakan oleh para pemancing. Biasanya, lumut tumbuh banyak di kolam dan jika lumut ini habis, ikan akan mencari lumut di sawah dan sungai sebagai tambahan ikan nila.

6. Azolla

Belum banyak orang yang tahu tentang pakanyang satu ini. Azolla adalah salah satu tumbuhan air yang biasanya tumbuh di sawah. Anda bisa menjadikannya sebagai pakan alternatif dengan memotongnya kecil-kecil terlebih dulu. Anda juga bisa menempatkan azolla di dalam kolam jadi ikan bisa makan kapan saja.

7. Ampas kelapa

Untuk menekan biaya pengeluaran untuk pakan, Anda bisa memberikan ampas kelapa. Selain harga pakan ikan nila yang terjangkau, ampas kelapa juga bisa mempercepat pertumbuhan ikan nila. Hal ini dikarenakan kandungan protein dan karbohidrat yang ada di dalamnya.

8. Artemia

Salah satu jenis hewan air ini memiliki ukuran yang kecil sehingga pas sebagai jenis pakan ikan nila yang masih kecil. Kandungan protein dan lemak yang banyak dapat membantu pertumbuhan ikan nila semakin cepat.

Baca juga : Lengkap! Ini Cara Budidaya Ikan Nila 2019

9. Kutu air

Hampir sama dengan artemia, hewan yang kecil ini juga cocok sebagai pakan untuk ikan nila yang masih anakan. Kutu air dapat Anda temukan di para penjual ikan hias atau mencari sendiri di selokan atau sungai. Pertumbuhan ikan nila anakan akan semakin cepat.

10. Pelet ikan

Pakan ikan nila ini sudah sering digunakan oleh peternak ikan. Banyak merek dan ukuran dengan harga yang berbeda sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang ada. Kualitas super bisa menjadi pilihan untuk membuat ikan nila cepat tumbuh. Pelet mudah dijumpai di berbagai toko pemancingan atau toko ikan hias.

Makanan di atas bisa menjadi pilihan bagi Anda dalam menjalankan bisnis budidaya. Pemilihan pakansangat penting untuk menjaga kualitas ikan dan membuat pertumbuhannya semakin cepat. Hal ini membuat kita semakin cepat juga untuk mendapatkan profit secara finansial.

Jangan biarkan artikel bermanfaat ini hanya berhenti di sini, Anda bisa share dan rekomendasikan artikel ini pada orang lain, terutama bagi mereka yang sedang mencari pakan ikan nila agar cepat besar.

Bantu kami menjadi lebih baik lagi ya.. silahkan beri rating:

Beritahu yang lain yuk!