Deprecated: class-oembed.php is deprecated since version 5.3.0! Use wp-includes/class-wp-oembed.php instead. in /home/kolalnet/public_html/wp-includes/functions.php on line 5401

Proyek Perdana Tambak Milenial di Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

5/5 (1)

Baru-baru ini PT PLM merampungkan proses pembangunan tambak milenial perdananya. Proyek tambak milenial dengan ukuran kolam diameter 20 meter dan tinggi kolam 1,5 meter ini didirikan di Ujung Pangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, tambak milenial yang menggunakan kolam terpal ini akan digunakan untuk budidaya udang vaname intensif dengan teknologi modern yang tengah berkembang di kalangan para pembudidaya udang.

Didirikan di lahan seluas 1 hektar, proyek tambak milenial ini direncanakan akan running pada Bulan September 2021, setelah selesai semua proses pembangunan dan uji kelayakan air serta pemasangan semua alat berteknologi canggih untuk budidaya udang vaname. Dengan lahan yang cukup luas, kedepannya PT PLM akan mendirikan 2 kolam terpal diameter 20. Dan sebagai tahap awal kolam diameter 20 1 unit ini akan dijadikan uji coba, dengan beberapa anak kolam sebagai  pendukung dan penyempurna.

Bukan tanpa alasan PT PLM menggagas pendirian kolam terpal berbasis tambak milenial untuk udang vaname tersebut, karena saat ini udang vaname menjadi salah satu industri yang tetap bertahan bahkan melejit walau diterpa pandemi. Ketersediaan pasar yang tidak pernah mati menjadikan budidaya udang vaname semakin diminati oleh berbagai kalangan.

Bahkan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, menargetkan Indonesia akan jadi produsen udang vaname terbesar dunia. “Kalau kita berhasil membangun 200 ribu hektar dengan dua siklus panen 80 ton per hektare dan per tahunnya , maka dalam satu tahun analisa ekonominya bisa menghasilkan hampir Rp.1200 triliun” kata Menteri Trenggono dikutip dari antaranews.com.

Wow, sungguh fantastis bukan?

Karena itu, tidak jarang para pengusaha dan investor mulai melirik industri ini sebagai sebuah peluang masa depan yang gemilang di tengah situasi ekonomi yang pelik akibat pandemi.

Momentum inilah yang tentunya dimanfaatkan oleh PT PLM untuk segera menggagas dan mengeksekusi proyek tambak milenial diameter 20 yang pada tanggal 22 September ini akan resmi running. “Target tebar benur atau bibit udang ditetapkan pada tanggal 22 September, sementara tanggal 11 September ini mulai diisi air dan pengkondisian air selama 10 hari” ujar salah satu teknisi PT PLM.

Dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan sampai kolam ini selesai dibangun. Dari yang awalnya tambak konvensional yang tidak terpakai dan terawat, akhirnya dialihfungsikan sebagai tambak milenial dengan pembaruan infrastruktur dan teknologi canggih. Dimulai dari pembersihan lahan, lalu Peletakan batu pertama pada tanggal 11 Maret 2021 yang dihadiri oleh jajaran Direksi PT PLM dan secara resmi pembangunnannya berlanjut sampai sekarang.

Karena lahan tersebut awalnya adalah tambak konvensional, maka untuk pembangunannya butuh pemerataan dengan pedel, agar  tanah yang akan dibangun kolam rata dan datar serta padat. Penyisiran lahan dari benda tajam juga penting sekali dilakukan, untuk meminimalisir resiko kerusakan pada terpal.

Tentunya sebuah kesyukuran, karena dalam kurun waktu 6 bulan saja, kolam sudah selesai pembangunannya, serta fasilitas-fasilitas lainnya seperti Mess atau tempat tinggal untuk para teknisi dan konsultan juga sudah bisa digunakan.

Bantu kami menjadi lebih baik lagi. silahkan beri rating:

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?
Share ke sosial media yuk!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on pinterest
Pinterest
Share on telegram
Telegram

Google Review

Admin KolamTerpal.Net

Klik tombol dibawah ini untuk langsung whatsapp Admin

KolamTerpal.Net

KolamTerpal.Net

kolamterpal.net adalah penjual kolam terpal bulat yang sudah melayani ribuan pelanggan dari seluruh indonesia.

Mulai dari pemula hingga pengusaha besar dan instansi telah kami layani dengan baik dan mereka puas.

Lihat Company Profile

Promo Paket Budidaya

You cannot copy content of this page
× Chat Admin disini Gan!