5 Alasan Usahan Ternak Lele Bioflok Menguntungkan

5 Alasan Kenapa Usaha Ternak Lele Bioflok MENGUNTUNGKAN!

Usaha Ternak Lele yang Paling Efisien

Ikan lele adalah salah satu ikan air tawar yang banyak digemari. Produksinya sangat banyak di pasar-pasar tradisional maupun supermarket. Beternak ikan lele sudah menjadi sumber mata pencaharian yang umum ditemukan di mana saja. Namun tak banyak yang tahu bahwa ikan lele saat ini mulai dibudidayakan dengan cara baru yang lebih efisien, yaitu dengan sistem Bioflok.

5 Alasan Kenapa Usaha Ternak Lele Bioflok Menguntungkan!

Usaha Ternak Lele Bioflok adalah Cara yang Paling Menguntungkan

Teknik Bioflok adalah teknik budidaya ikan lele dengan memanfaatkan limbah ikan lele tersebut menjadi sumber makanan atau pakan. Penjelasan yang paling mudah dimengerti adalah teknik budidaya ikan lele yang paling menguntungkan karena sangat menghemat beberapa hal, baik dari jumlah pakan hingga air.

Banyak partikel yang bercampur dalam teknik ini sehingga membentuk flok atau gumpalan. Semua partikel tersebut memungkinkan sistem mutualisme dalam air, sehingga ikan lele berkembang dengan lebih baik. Sistem ini biasanya sangat dianjurkan untuk meningkatkan produksi ikan lele.

Cara Memulai Ternak Lele Bioflok

  • Membuat kolam terpal: kolam terpal adalah kolam yang biasanya berbentuk lingkaran atau bulat, untuk tempat budidaya bioflok ini.
  • Isi kolam dengan air: usahakan tinggi air dalam kolam sekitar 50-75 cm. Jangan terlalu tinggi atau rendah karena dapat membuat pertumbuhan ikan lele menjadi lambat.
  • Masukkan benih ikan: benih ikan lele yang terbaik kiranya dimasukkan di saat pagi hari, sebaiknya sekitar pukul 6.00 pagi.
  • Melakukan perawatan: seperti budidaya ikan pada umumnya, tetap lakukan perawatan ikan lele setelah berada dalam kolam terpal.
  • Melakukan panen: jangan lupa memanen ikan lele tepat pada waktunya. Sebelum itu, perhatikan ketersediaan air maupun makanan yang diberikan.

Bioflok

Keuntungan dan kerugian sistem Bioflok

Keuntungan

  1. Efisiensi Lahan

Seperti telah dijelaskan, dengan adanya sistem bioflok dengan kolam terpal, maka dapat mengefisiensikan lahan untuk beternak ikan. Bila sebelumnya harus mempunyai lahan di tanah atau area yang luas, maka dengan sistem ini tidak perlu lagi. Cukup menyediakan kolam terpal yang sudah berisi air dan benih ikan di dalamnya. Jika anda tidak ingin repot-repot untuk membuat kolam terpal, anda bisa membelinya diprodusen terpercaya seperti kolamterpal.net dengan harga kolam terpal yang murah dan kualitas tinggi, tahan hingga 6 tahun.

  1. Efisiensi Pakan

Karena sumber makanan berasal dari sistem kerja bioflok ini, maka bisa dikatakan sistem ini bisa mengefisiensikan pakan. Dengan begitu sistem ini bisa disebut usaha dengan modal kecil untung besar. Hanya bermodalkan kolam terpal dan benih ikan saja sudah dapat untung besar berupa produksi yang tinggi.

  1. Efisiensi Air

Salah satu partikel yang bisa diubah menjadi menguntungkan dengan sistem bioflok ini adalah partikel dalam air. Bakteri-bakteri yang ada dalam air bisa diubah menjadi pakan ikan itu sendiri. Dengan begini makan penggunaan air bisa lebih efisien.

  1. Efisiensi Waktu

Waktu untuk pengerjaan sstem bioflok ini dari membuat kolam terpal hingga memanen relatif singkat daripada cara konvensional. Hal ini disebabkan oleh mudahnya pemilihan lokasi, perawatan ikan, bahkan hingga memanen.

  1. Bisa Dilakukan Siapa Saja

Karena berbagai keuntungan ini, maka bisa dikatakan sistem bioflok ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh pemula sekalipun. Hanya bermodalkan pengetahuan dasar saja sudah bisa bersaing dengan produsen ikan lele yang lain.

Kerugian

  1. Kurang bisa diterapkan pada lahan tanah yang lembek.
  2. Membutuhkan peralatan yang lumayan banyak.
  3. Hanya bisa dilakukan pada tambak dengan sirkulasi air yang tinggi.

Penutup

Walaupun ada beberapa kekurangan dari sistem ini, namun jauh lebih banyak hal positif yang bisa didapatkan. Jangan takut untuk memulai budidaya bioflok ikan lele ini untuk memperoleh hasil yang lebih optimal.

Bantu kami menjadi lebih baik lagi ya.. silahkan beri rating: